1. Lifestyle
  2. Supaya Tidak Cepat Rusak, Ini Cara Tepat Cuci Sepatu
Lifestyle

Supaya Tidak Cepat Rusak, Ini Cara Tepat Cuci Sepatu

Supaya Tidak Cepat Rusak, Ini Cara Tepat Cuci Sepatu

Ilustrasi cuci sepatu. (Special)

Ladiestory.id - Sepatu adalah salah satu item fashion yang dapat mendukung penampilan. Oleh karena itu, kebersihan sepatu harus diperhatikan.

Untuk membuat sepatumu kembali terlihat seperti baru, kamu bisa  melakukan sendiri di rumah. Kamu bisa mencuci sepatu dengan mesin cuci, menggunakan tangan bahkan menggunakan soda kue dan sikat gigi. Kamu juga bisa gunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan untuk membersihkan sepatumu.

Selama cara yang kamu gunakan sudah benar, sepatu akan tetap bagus dan tidak rusak setelah dibersihkan. Nah, berikut cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatumu.

Cuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Ilustrasi mencuci sepatu dengan mesin cuci. (Special)

Ketika mencuci sepatu menggunakan mesin cuci, yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu adalah bahan sepatumu. Melansir situs Well and Good, Manajer Merek Whirlpool Laundry, Shawn Ashby, mengatakan tidak semua sepatu aman dicuci menggunakan mesin.

Sepatu berbahan dasar kain, seperti sepatu kets atau sepatu olahraga umumnya terbuat dari bahan nilon, katun dan polyester yang tahan lama dan tidak rusak jika terkena detergen. Namun, jika sepatumu berbahan dasar karet, suede, atau vinil, lebih baik jika dicuci menggunakan tangan agar material yang ada di sepatu tidak rusak.

Sebelum mencuci sepatu, alangkah lebih baik kalau kamu melepaskan tali dan sol sepatu. Hal ini akan membantu dan memudahkan pekerjaanmu, sehingga tali dan sol sepatu tidak akan melilit di mesin cuci.

Jika tali atau sol sepatumu terlalu kotor, sebelum memasukkannya ke mesin cuci, lebih baik jika dibersihkan dulu. Caranya dengan disikat sedikit pada bagian yang kotor agar lebih mudah bersih saat masuk ke dalam mesin cuci.

Terakhir, dalam proses pencucian sepatu, sebaiknya gunakan air dingin dan pilih opsi putaran lambat atau tanpa putaran. Air panas berpotensi merusak sepatu dan membuat warna cepat pudar. Putaran cepat pada mesin, dapat membuat sepatu terbentur dalam mesin, yang dikhawatirkan tidak bisa bersih dengan sempurna.

Setelah selesai mencuci, lebih baik jika sepatu dibiarkan mengering dengan sendirinya. Boleh jika menggunakan bantuan cahaya matahari, tapi jangan terlalu panas.

Namun, jika kamu ingin sepatumu mengering dengan segera, gunakan pengering dengan pengaturan yang halus. Tujuannya, agar melindungi sepatu dari kerusakan.

Kamu juga bisa pakai selembar kain atau beberapa tisu ke dalam sepatu agar menyerap air, sehingga dapat mengurangi kelembapan pada sepatu.

Cuci Sepatu dengan Tangan

Ilustrasi cuci sepatu dengan tangan. (Special)

Kamu tidak yakin mencuci sepatu kesayanganmu dengan mesin cuci? Gunakan cara sederhana menggunakan tangan untuk mencuci sepatu.

Isi wastafel atau ember kosong dengan air hangat. Tambahkan sedikit detergen, aduk-aduk sampai berbusa, lalu rendam sepatumu beberapa menit.

Sikat perlahan menggunakan sikat gigi untuk mengurangi atau menghilangan kotoran-kotoran yang menumpuk. Kemudian, bilas dan keringkan.  

Perlu diperhatikan, sepatu berbahan dasar non-kain, seperti suede, sebisa mungkin jangan terkena air terlalu banyak. Cukup ciprat sedikit-sedikit saja.

Lalu, sikat menggunakan sikat biasa atau sikat gigi secara perlahan ke arah yang berbeda untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu, sikat kembali ke satu arah untuk mempertahankan kualitas bahan sepatu.

Bersihkan Sepatu dengan Baking Soda

Ilustrasi cuci sepatu. (Special)

Jika kamu ingin sepatumu terlihat baru dan bebas kotoran serta noda, kamu bisa gunakan campuran soda kue, cuka putih, dan air hangat untuk menyikat sepatu. Gunakan bahan-bahan tersebut dengan sikat gigi atau sikat biasa untuk mengangkat noda dan kotoran di sepatu.

Setelah selesai disikat, bilas sampai bersih lalu keringkan sepatumu.

Gunakan Pasta Gigi

Ilustrasi membersihkan sepatu dengan pasta gigi. (The Sun)

Selain bisa digunakan untuk membersihkan gigi, pasta gigi ternyata bisa membersihkan kotoran membandel yang ada di sepatu. Untuk membersihkan sepatu dengan cara ini, kamu bisa mengoleskan pasta gigi dengan jumlah yang cukup. Lalu sikat dengan gerakan melingkar pada sepatu yang terkena noda. 

Gunakan Penghapus Cat Kuku

Ilustrasi membersihkan sepatu dengan aseton. (Special)

Pembersih atau penghapus cat kuku bisa menjadi life hack yang bisa membantu kamu mengatasi sepatu kotor karena noda dan kotoran. Jika sepatumu berwarna putih, kamu bisa gunakan penghapus cat kuku, karena beberapa material yang ada di dalamnya bisa membersihkan sepatu dan mengembalikan warna alami sepatumu.

Caranya, setelah setelah sepatu dibersihkan, siapkan kapas dan cairan penghapus cat kuku. Rendam kapas dalam cairan penghapus cat kuku, lalu gosokkan kapas yang telah direndam tadi ke bagian sepatu yang terkena noda.

Setelah selesai, taburi sepatumu dengan bedak tabur agar bisa melindungi bagian sepatu yang tidak kotor.

Semoga bermanfaat!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel