1. Beauty
  2. Cara Simple Membuat Rutinitas Kecantikanmu Menjadi Lebih Sustainable
Beauty

Cara Simple Membuat Rutinitas Kecantikanmu Menjadi Lebih Sustainable

Cara Simple Membuat Rutinitas Kecantikanmu Menjadi Lebih Sustainable

Kata "sustainability" menjadi trendi sekarang, termasuk di dunia kecantikan. Akan tetapi, bukan hanya sekadar ikut-ikutan, memiliki rutinitas kecantikan sustainable memang berguna untuk menjaga planet tercinta ini. Dan kamu tidak perlu melakukan hal ekstrim untuk memiliki rutinitas kecantikan sustainable. Dengan melakukan beberapa hal sederhana di bawah ini, kamu sudah mempraktikkannya. 

Beli Produk Kecantikan yang Dibuat secara Sustainable

Ada banyak merek yang sudah dan mulai memproduksi barang-barang kecantikan dengan prinsip ramah lingkungan, baik merek internasional maupun dalam negeri. Kamu hanya perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Gunakan Kembali Kemasan Produk Kecantikan

Setelah produk kecantikan kesayanganmu habis, ke mana kemasannya berakhir? Salah satu cara untuk membuat rutinitas kecantikanmu lebih sustainable adalah mempergunakan kemasan lama untuk hal lain. Contohnya, kemasan bekas sampo bisa digunakan kembali untuk botol sabun. Intinya, jangan langsung dibuang. 

Bersihkan Makeup di Wajah dengan Lebih Ramah Lingkungan

Ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan kapas pembersih yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Atau kapas yang bisa digunakan lebih dari satu kali. Atau kapas organik yang lebih baik untuk lingkungan. Jika yang kamu gunakan adalah cotton swabs, coba cari yang terbuat dari bambu (bukan plastik). Dan langkah selanjutnya adalah sama sekali tidak menggunakan kapas, melainkan kamu bisa mencoba memakai makeup removal yang bisa dicuci dan digunakan kembali. 

Cari Produk yang Menyediakan Isi Ulang

Untuk membatasi konsumsi kemasan, coba pilih produk-produk kecantikan yang bisa diisi ulang, seperti barang dari Kjaer Weis. Merek yang menyediakan pilihan ini biasanya terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan dan tidak mengandung paraben atau silikon. 

Gunakan Kuas Bambu

Seandainya kamu belum tahu, bambu merupakan bahan yang bisa dijadikan kompos dan biodegradable. Selain itu, tanaman ini tumbuh 3,5 kaki per hari, sehingga sangat ramah lingkungan dan pilihan alternatif yang tepat untuk menggantikan plastik. Jadi, coba ganti kuas makeup kamu dengan kuas yang terbuat dari bambu. 

Pilih Makeup yang Tidak Memiliki Kemasan

Memang masih jarang merek yang melakukan hal ini, tapi jika kamu berminat Lush merupakan salah satu brand yang sudah melakukannya. Untuk beberapa produk, Lush tidak mengemasnya dalam botol atau jar. Sabun batangannya misalnya, terbungkus dengan kertas yang bisa didaur ulang dan terbuat dari bahan-bahan yang tidak membahayakan lingkungan bahkan ketika menyatu dengan air tanah. Merek lain yang melakukan ini adalah Ethique, yang menyebut dirinya sebagai zero-waste beauty company. Selain itu, ada Seed Phytonutrients, yang menghasilkan produk rambut dan tubuh yang terbuat dari 100% kertas yang sudah didaur ulang. 

Wah, ternyata banyak ya, yang bisa kita lakukan? Tidak perlu memaksakan diri, lakukan pelan dan satu demi satu juga tidak masalah, Ladies. Karena yang penting kamu sudah ikut ambil bagian dalam gerakan menjaga Bumi tercinta ini. 

Sumber foto utama: Freepik.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel