1. Lifestyle
  2. Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Baik Agar Banyak Teman
Lifestyle

Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Baik Agar Banyak Teman

Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Baik Agar Banyak Teman

Foto: Ladiestory.id

Tentu semua orang ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap orang menginginkan menjadi pribadi lebih baik dari hari kemarin dan hari esok akan lebih baik dari hari ini. Biasanya, istilah pribadi yang lebih baik akan dikaitkan dengan perkembangan kepribadian seorang individu.

Menjadi pribadi yang lebih baik memiliki banyak manfaat. Mereka akan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain. Selain itu, terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik akan membuat kita lebih mengenal diri sendiri, lebih sehat secara mental, mampu mengambil keputusan dengan baik dan lebih mencintai diri sendiri.

Cara menjadi pribadi yang baik

Tak hanya itu, menjadi pribadi yang lebih baik juga membuka kemungkinan untuk mengatasi kelemahan dan meningkatkan kekuatan dalam diri. Terlebih, manusia merupakan makhluk sosial yang akan membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup dan kehidupannya.

Oleh sebab itu sangatlah penting untuk kita terus berusaha menjadi pribadi yang baik. Memang mudah dikatakan, tapi terkadang sukar untuk dijalankan. Oleh sebab itu, Ladiestory akan memberi tahu cara menjadi pribadi yang baik.

 

1. Selalu Mengucap Syukur

Foto: Ladiestory.id

 

Menjadi pribadi yang baik salah satunya dengan tidak cepat berpuas diri. Meski begitu, hal tersebut juga harus diimbangi dengan bersyukur. Dengan mengucap syukur dapat mengingatkan bahwa setiap usaha yang dilakukan pada dasarnya tidak ada yang sia-sia, semua memiliki manfaat dan hasil tersendiri.

Sebab jika hidup tanpa ada rasa syukur, maka akan terasa melelahkan ketika menjalani hidup. Selain itu, bersyukur dapat membantu melihat setiap pencapaian kecil yang sudah dicapai.

Menjadi pribadi yang lebih baik juga harus dibarengi dengan keyakinan kuat untuk berubah. Alasan tersebut harus terus diperbaharui seiring dengan pencapaian yang berhasil Anda raih.

Menjadi orang yang bersyukur akan lebih mudah menarik orang-orang mendekat, dibandingkan jika Anda terus-menerus menyesali kehidupan ini. Sebab dengan bersyukur, orang lain akan merasa nyaman di dekat Anda.

2. Berpikir Positif

Foto: Ladiestory.id

 

Jurnalis asal Inggris pernah mengatakan bahwa betapa dahsyatnya kemampuan pikiran untuk mempengaruhi hidup seseorang. Bahkan banyak yang meyakini bahwa 90 persen keberhasilan seseorang ditentukan oleh cara dia dalam berpikir. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia harus menumbuhkan pemikiran positif dan menyingkirkan rasa cemas ataupun khawatir yang tidak beralaskan.

Sebab dengan berpikir positif akan menimbulkan mental yang positif, dan dengan mental yang positif akan membuahkan sikap dan tindakan yang juga positif.

Selain itu, orang tidak akan mau berada di sekitar orang yang memiliki pemikiran negatif.  Maka jadilah orang yang optimis dan menyalurkan energi positif dimana Anda berada. Hal ini bisa ditunjukan lewat senyum hangat, ceria, dan ramaikan suasana dengan keberadaanmu.

3. Bertanggung Jawab

Foto: Ladiestory.id

 

Hal wajar jika seseorang memiliki kesalahan ataupun kegagalan, selagi dia masih dapat menerima dan belajar dari kesalahan tersebut. Dengan hal ini dapat membuat kita untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain. Memikul tanggung jawab tidak hanya sebatas memikul beban kerja, tapi juga memikul segala risiko dari hasil kerja, termasuk risiko kegagalan.

Jika kita bisa mengerjakan dan tanggung jawab akan perkara kecil, maka hal-hal besar akan dilimpahkan ke kita. Selain itu, orang yang bertanggung jawab akan diberi kepercayaan lebih oleh banyak orang.

4. Pendengar yang Baik

Foto: Ladiestory.id

 

Ada pepatah yang mengatakan, sebagai manusia diberi dua telinga bertujuan untuk lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara.  Memang ada kalanya kita menjadi pembicara utama saat melakukan suatu obrolan. Namun, ada saatnya menjadi pendengar yang baik.

Pribadi yang baik adalah yang bisa mendengarkan cerita dan keluh kesah orang sekitar, sehingga bisa belajar menjadi pendengar. Terlebih jangan pernah memotong percakapan orang lain. Dengarkan sampai mereka selesai bicara, baru kemudian ungkapkan apa yang ingin kita bicarakan.

Menjadi pendengar yang baik juga perlu diserti dengan menjadi penyimpan rahasia yang baik, jika itu memang sebuah rahasia. Dengan demikian, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dengan dapat membantu orang lain meski hanya sebagai pendengar.

5. Ramah dan Sopan

Foto: Ladiestory.id

 

Bersikap ramah dapat mengubah banyak hal. Tidak hanya untuk memberi impresi positif kepada orang lain, namun sikap ramah juga menunjukkan kualitas sebagai seorang pribadi. Cara paling sederhana menunjukan sikap ramah dengan membiasakan diri tersenyum kepada siapa saja. Selain itu, kita bisa menambahkannya dengan pertakataan seperti tolong, terima kasih, selamat pagi, dan sebagainya.

Pribadi yang sopan akan lebih menarik hati orang lain dibanding mereka yang tidak tahu aturan. Sopan dalam berkataan maupun perbuatan akan membuat Anda banyak disenangi orang. Orang yang sopan juga akan jauh dari yang namanya gosip. Kesopnan juga akan membuat seseorang akan lebih disegani.

Inilah 5 cara menjadi pribadi yang baik, sederhana namun perlu dilakukan dengan konsisten.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel