1. Lifestyle
  2. 5 Cara Rawat Kelinci yang Baik bagi Pemula
Lifestyle

5 Cara Rawat Kelinci yang Baik bagi Pemula

5 Cara Rawat Kelinci yang Baik bagi Pemula

Foto: Pixabay

Ladiestory.id - Memelihara hewan di rumah memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari bisa dijadikan teman di kala sendirian, penghilang stres, untuk mengajarkan tanggung jawab, membuat tubuh tetap fit, dan masih banyak lagi.

Ada banyak jenis hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah, salah satunya adalah kelinci. Hewan yang menggemaskan ini bisa menjadi peliharaan yang unik karena tingkahnya yang lucu dan juga bulunya yang lembut untuk dibelai.

Namun sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci di rumah, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu cara merawatnya. Apalagi jika ini pertama kalinya kamu merawatnya di rumah.

Cara Merawat Kelinci  

Banyak orang yang memelihara kelinci karena tingkahnya yang menggemaskan dan bulunya yang lembut. Namun sebenarnya untuk memelihara kelinci tidak semudah dengan ketika menyukainya.

Kelinci memliki kebutuhan yang perlu Anda penuhi agar usianya bisa panjang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat kelinci yang  tepat berikut ini.

1. Sediakan Kandang yang Nyaman

Ilustrasi hewan peliharaan berjenis kelinci. (Special)

Siapkan tempat tinggal atau kandang yang nyaman untuk kelinci. Pastikan kandang kelinci berada di dalam ruangan. Karena kelinci tidak bisa mentolerir suhu ekstrem dengan baik, terutama ketika musim panas.

Buat kandang kelinci dengan ukuran lima kali ukuran tubuh kelinci agar memudahkan untuk bergerak. Jika kandang kelinci terbuat dari bahan kawat besi, pastikan untuk melapisi lantainya dengan kardus atau bahan lainnya.

Letakkan kotak kardus di dalam kandang sebagai tempat nyaman bagi kelinci untuk bersembunyi.

2. Siapkan Kotak untuk Menampung Kotoran Kelinci

Kelinci memiliki kecenderungan untuk buang air kecil dan besar pada satu area. Sehingga Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menaruh kotak untuk kotoran kelinci di dalam kandangnya dengan ukuran sedang.

Jika kelincinya nanti dibiarkan bebas berkeliaran diluar kandang, pastikan untuk menyediakan beberapa kotak kotoran di beberapa sudut rumah.

3. Berikan Makanan yang Seimbang

Ilustrasi hewan peliharaan berjenis kelinci. (Special)

Sistem pencernaan kelinci sangat kompleks, sehingga penting untuk memberikan jenis makanan yang tepat. Tidak sedikit kelinci yang sakit akibat memakan makanan yang tidak tepat. Untuk memelihara kelinci, sebaiknya berikan makanan utama berupa rumput jerami dan sayuran.

Sedangkan untuk camilannya bisa berikan buah, seperti pepaya, melon, apel, prem, dll. Bisa juga berikan pelet untuk camilan kelinci, dengan catatan dalam jumlah sedikit.

4. Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Hindari Jenis Makanan Tertentu

Berikan air bersih yang cukup setiap harinya. Kamu bisa mengganti air kelinci setidaknya sekali setiap harinya. Air bersih bisa disimpan dalam mangkuk atau botol.

Mengingat kelinci sangat sensitif sistem pencernaannya, sebaiknya ketahui jenis makanan yang harus dhindari untuk diberikan, seperti tomat, kacang-kacangan, jagung, bawang merah, bambu, biji-bijian, dan masih banyak lagi.

5. Perhatikan Cara Memegang Kelinci yang Baik

Ilustrasi hewan peliharaan berjenis kelinci. (Special)

Kelinci adalah hewan yang rapuh. Sehingga ketika memegangnya juga harus hati-hati. Karena ketika kelinci dipegang dan tidak nyaman pastinya akan memberontak. Hal inilah yang berisiko menyebabkan patah tulang pada kelinci.

Cara memegang kelinci yang benar, yaitu dengan mengangkat hati-hati kelinci dengan kedua tangan, kemudian bawa ke tubuhmu. Jangan biarkan tubuh kelinci menggantung bebas, mengangkat perutnya, ataupun mengangkat kelinci pada bagian telingannya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel