1. Health
  2. 6 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami, Pasti Ampuh
Health

6 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami, Pasti Ampuh

6 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat dan Alami, Pasti Ampuh

Foto: watsonshealth

Ladiestory.id - Sariawan merupakan suatu kondisi dimana terjadinya infeksi dalam mulut yang disebabkan karena adanya jamur Candida Albicans. Sariawan bisa dialami siapa saja anak atau orang dewasa. Ada banyak cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tidak menimbulkan perih.

Cara Menyembuhkan Sariawan 

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan sariawan dengan alami, aman dan tanpa efek samping. Cara ini dapat diterapkan pada anak dan orang dewasa. Adapun caranya adalah antara lain:

1. Minum Ramuan Kunyit

Foto: Viva

Cara alami yang bisa kamu terapkan untuk menyembuhkan sariawan yakni dengan menggunakan kunyit. Kandungan curcumin dalam kunyit berkhasiat untuk antijamur dan anti inflamasi sehingga ampuh dalam mengobati sariawan.

2. Madu

Foto: Ladiestory.id

Madu diyakini banyak orang dapat menyembuhkan sariawan. Madu mengandung Prevention yang berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, sehingga dapat cepat menyembuhkan sariawan. Selain itu madu juga aman dikonsumsi anak-anak.

3. Lidah Buaya

Foto: Pixabay

Lidah buaya selama ini dikenal untuk perawatan rambut dan kulit, namun siapa sangka lidah buaya juga dapat mengurangi rasa nyeri pada sariawan. 

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area sariawan. Diamkan dalam beberapa jam, ulangi cara ini beberapa kali untuk hasil maksimal.

4. Vitamin C

Foto: Liputan6

Salah satu cara efektif menyembuhkan sariawan adalah dengan konsumsi vitamin C. Vitamin C yang alami biasanya terdapat pada  sayuran dan buah-buahan. 

Vitamin C berperan untuk menjaga kekebalan tubuh, yang akan mendorong tubuh memproduksi sel putih sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi. Perbanyak asupan vitamin C pada saat sariawan akan mempercepat penyembuhan sariawan.

5. Lemon

Foto: Aladokter

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan sariawan yaitu dengan menggunakan lemon.  Lemon sangat ampuh melawan jamur penyebab sariawan. Lemon juga tinggi akan vitamin C sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sariawan.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lemon adalah obat yang paling efektif untuk sariawan. Cara menggunakan lemon untuk sariawan yakni bisa dengan mengoleskannya langsung pada luka sariawan, atau mencampurkan perasan lemon dalam air hangat. Selain 2 cara tadi lemon juga bisa kamu jadikan obat kumur. Ketiga cara ini sama-sama efektif dalam menyembuhkan sariawan.

6. Kumur Air Garam

Foto: Bola

Cara paling sederhana untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan kumur air garam. Walaupun air garam terasa perih bila mengenai luka sariawan, namun cara ini cukup efektif dan ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

Tips agar Sariawan Tidak Semakin Parah

Selain menggunakan pengobatan diatas. Kamu juga dapat melakukan  tips di bawah ini  agar sariawan tidak makin parah.

  • Rajin sikat gigi menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
  • menghindari konsumsi makanan yang pedas dan asam karena dapat menyebabkan iritasi pada sariawan dan rasa nyeri lebih lanjut.
  • Menyikat gigi dengan perlahan dan gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi tanpa detergen.
  • Konsumsi makanan yang empuk dan lunak serta  mudah ditelan, dipotong kecil-kecil, dihaluskan atau juga digiling.
  • Hindari makanan dan minuman yang jadi pemicu sariawan seperti keripik kentang balado,  kopi, makanan asin, coklat, dan kacang-kacangan, biskuit yang dapat melukai sariawan. Selain itu, hindarkan pula alkohol atau minuman bersoda. 
  • Kumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol
  • Jangan pernah menyentuh sariawan dengan tangan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi pada sariawan menyebar. Jika mulut benar-benar terasa sakit, gunakan sedotan jika ingin minum.
  • Berhenti merokok, karena rokok juga dapat membuat tak kunjung sembuh.

Itulah tadi 6 cara menyembuhkan sariawan dan cara yang bisa dilakukan agar sariawan tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel