1. Health
  2. Cara Menguatkan Mental yang Lemah : Berani Berkata Tidak
Health

Cara Menguatkan Mental yang Lemah : Berani Berkata Tidak

Cara Menguatkan Mental yang Lemah : Berani Berkata Tidak

Foto: Ladiestory.id

Seringkali, hal-hal yang menghambat kita untuk maju, justru datang dari diri sendiri. Contohnya adalah rasa takut, malu, atau tidak percaya diri. Untuk menghilangkannya, Anda perlu menyisihkan waktu untuk mencoba cara melatih mental, agar berbagai emosi negatif tersebut bisa hilang.

Kekuatan mental adalah hal yang sangat penting untuk mencegah berbagai gangguan mental. Tak heran, banyak orang yang mencari cara untuk melatih kekuatan mental ini. Mental yang kuat akan membuat kita lebih mudah dalam mengambil keputusan berat, lho.

Memperkuat mental bisa membuat Anda dapat menikmati hidup dan tidak melulu memikirkan tentang kesusahan yang sedang dialami. Memiliki mental yang kuat juga akan membantu agar dapat memandang suatu permasalahan dari sudut pandang yang baru dan mencari jalan keluar yang paling tepat.

Ini juga berarti seseorang tidak akan terlalu mudah berputus asa sehingga mendatangkan berbagai pkiran buruk yang dapat berkembang menjadi stres dan depresi akut yang bisa merugikan diri sendiri.

Tidak ada kata telat untuk belajar dan memperbaiki diri. Jadi, jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki mental lemah dan ingin memperbaikinya, berikut cara menguatkan mental yang lemah agar kehidupanmu lebih baik. 

Cara Menguatkan Mental yang Lemah

1. Jaga kesehatan fisik dengan baik

Cara melatih mental yang baik tidak bisa dipisahkan dari menjaga kesehatan fisik. Untuk bisa melakukan kegiatan fisik secara baik, Anda perlu mental yang sehat, begitupun sebaliknya.

Sehingga, agar mental menjadi sehat dan kuat, Anda perlu tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Dengan olahraga yang rutin kita akan mendapatkan tubuh yang lebih prima dan bugar. Secara otomatis, mental kita juga akan menguat.

Selain itu, meditasi merupakan cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan melatih mental agar kuat. Dengan meditasi kita dapat terhindar dari stres dan depresiBeberapa teknik meditasi yang bisa dilakukan adalah yoga dan olah pernapasan. Selain melatih mental, meditasi juga bisa menghindarkan kita dari penyakit fisik, lho.

2. Coba lakukan setidaknya satu hal sulit dalam satu minggu

Punya mental yang kuat, berarti berani berbuat. Untuk melatihnya, Anda dapat belajar hal baru yang sebelumnya mungkin sama sekali tidak terpikirkan oleh Anda, misalnya mengikuti les memasak atau les fotografi. Doronglah diri Anda untuk keluar dari zona nyaman. Jangan batasi diri dengan rasa takut gagal.

3. Tulis hal-hal yang Anda syukuri

Tulislah hal-hal yang disyukuri setiap harinya, niscaya pandangan Anda terhadap hidup akan berubah. Rasa syukur, bisa menurunkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah. Jadi, sisihkanlah waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk bersyukur.

4. Berani menerima perubahan dalam hidup

Ada ungkapan yang menyebut bahwa satu-satunya yang konstan di dunia ini adalah perubahan. Inilah sebabnya, tidak semua rencana Anda bisa terlaksana. Tidak mudah memang menerimanya. Namun, Anda harus ingat bahwa terkadang ada hal-hal yang tidak bisa kita kontrol hasilnya.

Sehingga, daripada bertahan dengan hal yang sudah tidak bisa diubah, sebaiknya Anda mulai mengalihkan fokus pada hal-hal lain yang bisa Anda kontrol.

5. Sisihkan 15 menit sehari untuk mengevaluasi diri sendiri

Salah satu cara melatih mental yang penting dilakukan adalah belajar mengevaluasi diri sendiri. Sisihkan waktu 15 menit sehari untuk “ngobrol” dengan diri Anda sendiri. Lihat kembali kemajuan yang sudah Anda raih dan pikirkan mengenai hal yang masih bisa diperbaiki untuk introspeksi diri.

Meski sebentar, waktu yang Anda gunakan untuk melihat kembali refleksi diri bisa juga menjadi ajang untuk kembali mengisi energi yang terbuang setelah Anda berusaha. Hal ini juga akan membuat Anda mendapatkan gambaran yang lebih jernih mengenai kehidupan, serta memperbarui motivasi Anda untuk terus maju.

6. Kurangi waktu bermedia sosial

Media sosial memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, apalagi jika kita tidak bisa mengendalikannya. Seringkali konten di media sosial membuat mental kita down, insecure, bahkan berujung stres.

Maka saat kita belum bisa mengendalikan emosi dalam bermedia sosial, sebaiknya kurangi waktu atau hindari sekalian, ya. Cara menguatkan mental yang lemah justru mudah dibangun dengan menghabiskan waktu bersama lingkungan sekitar yang positif.

Lebih baik bertemu dengan orang-orang terdekat, penting untuk kesehatan mental Anda. Sehingga, meski sedang sibuk mengejar mimpi, selalu sisihkan waktu bersama orang-orang yang bisa menjadi sumber energi Anda.

7. Bertekad untuk menghentikan satu kebiasaan buruk

Salah satu contoh kebiasaan buruk adalah ngemil berlebihan. Kebiasaan ini, selain bisa berpengaruh buruk pada kesehatan fisik, juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Misalnya membuat Anda menjadi stres karena berat badan yang naik atau malah menciptakan pandangan buruk terhadap bentuk fisik diri sendiri.

Menghentikan kebiasaan buruk tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk melatih mental. Namun, Anda tidak perlu melakukan perubahan secara drastis dan tiba-tiba. Lakukanlah langkah yang lebih mudah terlebih dahulu. Misalnya, dibanding bertekad untuk makan sayur lebih banyak, Anda bisa mulai dengan berhenti mengonsumsi makanan kemasan seperti snack saat sore hari.

8. Berani mengatakan tidak

Menurut penelitian dari UC Berkeley, ada momen ketika seseorang sulit untuk menolak sesuatu. Namun bagi tipe “yes man”, cara melatih mental yang satu ini tantangan yang berat. Tetapi untuk menciptakan mental yang kuat hal ini harus dilakukan. Kita harus tegas dalam mengambil keputusan, dan berani berkata tidak jika tidak sepakat. Hal ini akan menyehatkan mental kita ke depannya, lho.

9. Berhenti membandingkan diri

Membandingkan diri dengan orang lain justru akan membatasi kualitas diri sendiri. Rasa iri hati hanya memberikan energi negatif dan melelahkan. Cara agar mental lebih tangguh bisa dimulai dengan menggunakan waktu kita untuk hal-hal yang positif. Semakin kita membandingkan diri, justru akan menjadi pribadi yang rapuh secara mental.

10. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup, otak akan mudah untuk menyingkirkan protein racun yang diproduksi saat menjalani hari. Kurangnya tidur mengakibatkan otak dan kemampuan berpikir lebih lemah. Sedangkan, seseorang dengan tidur yang cukup mampu mengontrol dirinya, lebih fokus, serta mampu berpikir rasional.

Nah, begitulah cara menguatkan mental yang lemah. Selamat mencobanya di rumah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel