1. Health
  2. Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi Dengan Tenang Anak yang Sedang Kejang
Health

Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi Dengan Tenang Anak yang Sedang Kejang

Jangan Panik, Berikut Cara Mengatasi Dengan Tenang Anak yang Sedang Kejang

Foto: theasiaparent

Ladiestory.id - Kejang adalah keadaan darurat medis yang dapat terjadi pada anak-anak. Penting untuk memahami dan mengetahui cara mengatasi dengan tenang tanda dan gejala kejang serta apa yang harus dilakukan selama dan setelahnya.

Anak-anak saat kejang harus segera menghentikan aktivitas, tetap berbaring tengkurap, dan meletakkan dagu di dada untuk dukungan jalan napas. Meskipun kejang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja, kiat-kiat ini akan membantu menjaga anak tetap aman sampai bantuan tiba. 

Definisi Kejang dan Perlunya Cara Mengatasi dengan Tenang

mengatasi anak kejang
Foto: rskasihibu

Kejang adalah keadaan darurat medis yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari demam hingga gula darah rendah. Namun, penyebab paling umum adalah dari gangguan epilepsi dan Anda perlu cara mengatasi dengan tenang hal ini agar tidak terjadi hal yang memperburuk keadaan.

Kejang dapat menyebabkan seseorang berhenti bernapas dan menyebabkan ketidaksadaran dan kematian. 

Kejang disebabkan oleh aktivitas listrik abnormal di otak yang bisa ringan atau berat dan mempengaruhi salah satu atau semua area ini antara lain bicara, koordinasi motorik, penglihatan, pemikiran, kesadaran.

Penyebab paling umum untuk kejang adalah epilepsi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti stroke, trauma otak, tumor dan infeksi.

Penting untuk mengetahui penyebab dan jenis kejang sebelum pengobatan agar menemukan cara mengatasi dengan tenang dan tepat. Ini karena banyak obat dan perawatan untuk epilepsi tidak efektif dalam mengobati kejang yang memiliki penyebab berbeda.

Misalnya, obat-obatan yang mencegah serangan epilepsi tidak bekerja pada kejang grand mal atau kejang cluster. Penting juga untuk mengetahui apakah seseorang pernah mengalami kejang sebelumnya sehingga dapat diketahui obat apa yang harus dikonsumsi untuk meminimalkan risiko komplikasi di kemudian hari.

Berbagai Jenis Kejang Anak

Foto: Ladiestory.id

Ada banyak jenis kejang yang bisa dialami anak-anak. Sangat umum bagi anak-anak untuk mengalami kejang epilepsi, yang merupakan jenis gangguan kejang yang paling umum.

Meskipun ada berbagai jenis kejang, semuanya memiliki penyebab yang sama yaitu ketidakseimbangan antara neurotransmisi rangsang dan penghambatan di otak.

Ada dua jenis kejang epilepsi yang akan dialami oleh orang dengan gangguan kejang - epilepsi umum atau fokal. Dengan epilepsi umum, ada eksitasi berlebihan umum dari seluruh korteks selama kejang. Epilepsi fokal adalah ketika hanya ada satu area di otak yang menjadi terlalu bersemangat selama kejang.

Kejang adalah gangguan neurologis umum yang mempengaruhi anak-anak. Ada berbagai jenis kejang tergantung pada jenis gangguan kejang yang dialami.

Cara Mengatasi dengan Tenang Saat Kejang Terjadi

Foto: kompas

Salah satu cara terbaik untuk membuat anak Anda berhenti gelisah ketika mereka mengalami kejang adalah dengan mengalihkan perhatian mereka dengan mainan atau sesuatu yang akan mempertahankan perhatian mereka selama lebih dari 10 detik.

Ini juga dapat membantu meyakinkan mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja dan memberi mereka kata-kata penyemangat.

Jika anak Anda mengalami kejang di tempat umum atau terlalu jauh dari rumah saat itu terjadi, kami sarankan Anda mempelajari seperti apa tanda pertama kejang sehingga Anda dapat bereaksi sesuai dengan itu.

Jika seseorang di sekitar mereka melihat sesuatu yang aneh tentang perilaku mereka atau jika mereka mulai berbicara dengan tidak jelas dan tampak bingung setelahnya.

Penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika anak Anda mengalami kejang. Berikut beberapa tanda dan gejalanya antara lain ekspresi wajah yaitu anak mungkin memegangi wajahnya dan gemetar, meneteskan air liur, atau terengah-engah. Anak sangat gemetar dan gerakan anak menjadi sangat cepat dan intens.

Anda mungkin memperhatikan bahwa anak tiba-tiba menjadi kaku, anggota tubuhnya kaku, dan tampak seperti sedang menatap ke angkasa. Mereka mungkin memegangi kepala mereka, menangis, mata mereka berputar ke belakang, atau meneteskan air liur.

Jika anak Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda ini, itu bisa berarti mereka mengalami kejang. Hadapi dengan tenang dan segera cari pertolongan medis.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel