1. Lifestyle
  2. Fresh Graduate Wajib Baca! Begini Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik HRD
Lifestyle

Fresh Graduate Wajib Baca! Begini Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Fresh Graduate Wajib Baca! Begini Cara Membuat Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Menulis surat. (Special)

Ladiestory.id - Setelah berhasil menyelesaikan masa pendidikan, para lulusan baru atau fresh graduate mulai mencari dan melamar pekerjaan impiannya. Hal pertama yang harus disiapkan adalah surat lamaran kerja dan CV atau yang biasa disebut daftar riwayat hidup.

Di antara kedua berkas tersebut, surat lamaran kerja atau application letter sering kali diabaikan oleh para pencari kerja. Nyatanya, kehadiran surat lamaran kerja sangat penting dan berpotensi memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelamar untuk dipanggil melakukan interview kerja.

Surat lamaran yang dilampirkan oleh para pencari kerja  juga mampu memberikan kesan pertama yang baik untuk HRD, lho. Nah, dalam surat lamaran kerja, kamu bisa menuliskan keahlian, keterampilan yang kamu miliki.

Lalu, bagaimana surat lamaran kerja yang baik dan benar? Ladiestory.id, akan memberimu informasi bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Hal Penting dalam Surat Lamaran Kerja

Di dalam surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang harus dicantumkan di dalamnya.

Ilustrasi sedang mengetik. (Special)

 

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Hal yang pertama dilakukan dalam menulis surat lamaran kerja adalah menulis tanggal dan tempat pembuatan surat. Letak dari tanggal pembutaan surat lamaran tersebut adalah di pojok kanan atas.

2. Penerima dan Alamat Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah menuliskan nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang dituju. Namun, jika Kamu tidak mengetahui nama penerima secara spesifik maka Kamu cukup menuliskan nama perusahaan dan alamat perusahaan yang akan kamu lamar.

3. Pembuka Surat Lamaran Kerja

Dalam pembukaan surat lamaran, Kamu perlu menuliskan salam pembuka dilanjutkan dengan menuliskan kalimat pengantar atau pembuka. Kamu juga bisa menuliskan darimana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Entah itu berasal dari surat kabar, internet, atau mungkin kerabat.

4. Isi Surat Lamaran Kerja

Pada bagian isi surat lamaran kerja, ada beberapa hal penting yang harus dicantumkan, yaitu:

  • Nama
  • Alamat
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Alamat email/nomor yang bisa dihubungi
  • Menuliskan dalam kalimat yang menjelaskan tentang pengalaman kerja atau organisasi yang Kamu miliki (jika belum memiliki pengalaman kerja), pendidikan terakhir, dan kemampuan yang dimiliki.

Dalam menuliskan lamaran pekerjaan, Kamu perlu juga menuliskan posisi yang ingin Kamu lamar. Pastikan juga dalam menulis isi surat lamaran adalah informasi yang bersifat singkat, padat, dan jelas agar pembaca atau HRD bisa segera menangkapnya.  

Gunakan tata bahasa yang formal dan baku, mudah untuk dipahami, serta menyediakan informasi relevan dengan lowongan pekerjaan tersebut.

5. Lampiran Dokumen Pendukung

Untuk melengkapi surat lamaran kerjamu, pastikan juga Kamu melampirkan dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dokumen yang dibutuhkan kadang kala berbeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Kelengkapan dokumen pendukung ini juga menjadi nilai tambah buatmu.

6. Penutup Surat Lamaran Kerja

Ketika menuliskan penutup surat, tulislah secara singkat dan formal. Tidak perlu menuliskan harapan yang berlebihan. Karena hal tersebut akan membuang-buang waktu dan membuatmu terlihat tidak profesional. Jangan lupa sertakan juga ucapan terima kasih.

7. Nama dan Tanda Tangan Pelamar

Hal yang terakhir perlu kamu perhatikan dalam menulis lamaran kerja adalah menuliskan nama Kamu dan tanda tangan di pojok kanan bawah surat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel