1. Lifestyle
  2. Cara Membuat Aquascape Secara Mudah dan Sederhana
Lifestyle

Cara Membuat Aquascape Secara Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Aquascape Secara Mudah dan Sederhana

Foto: ilustrasi aquarium (spesial)

Ladiestroy.id - Siapa yang gemar dengan keindahan laut? Maka kita bisa mewujudkannya melalui Aquascape. Aquascape  sendiri merupakan seni untuk mengatur tanaman, bebatuan, kayu, karang dan lainnya hingga menyerupai ekosistem air asli seperti yang ada di alam. Mudahnya, aquascape merupakan sebuah akuarium yang memiliki elemen atau unsur yang lebih kompleks.

Tidak hanya soal ikan atau hewan air yang ada di dalamnya. Namun, aquascape aquascape sederhana juga memerlukan perhatian pada ekosistem air di dalamnya.

Cara Membuat Aquascape Secara Mudah dan Sederhana

Cara membuat aquascape mungkin terlihat rumit, padahal sebenarnya sangatlah mudah jika teliti dan mengikuti petunjuk yang benar. Inilah cara membuat aquascape bagi pemula

1. Kumpulkan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama dalam cara membuat aquascape tentunya dengan mendata apa saja bahan yang kamu perlukan untuk membuatnya.

Bahan-bahan dasar yang kamu butuhkan untuk melakukan cara membuat aquascape ini adalah akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, saringan, dan lampu.

Tak jarang orang mengurungkan niatnya untuk mengikuti cara membuat aquascape karena takut harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan harga akuarium berukuran sedang dengan kisaran harga di bawah Rp 500.000.

Kamu bahkan bisa menggunakan akuarium bekas sebagai wadah aquascape sederhana. Untuk harga bahan-bahan lainnya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau.

2. Bersihkan Akuarium Sebelum Digunakan

Setelah bahan kamu siapkan, dilanjutkan dengan membersihkan akuarium. Poin penting di sini adalah kebersihan akuarium harus benar-benar diperhatikan.

Kesterilan akuarium bisa kamu dapatkan dengan membersihkan akuarium dengan lap basah dan produk pembersih. Karena dengan kebersihan dari tempatnya tentu aquascape menjadi lebih bersih dan menarik untuk dilihat.

 

Foto: 99.co
Foto: ilustrasi membersihkan aquascape (spesial)

 

3. Letakkan Pasir

Hal terpenting dalam cara membuat aquascape adalah dasar yang mampu menopang mikro ekosistem yang nantinya dibuat. Letakkan pasir silika ke dalam akuarium dengan ketebalan sekitar 2-3 cm dan buat cekungan di tengah-tengahnya.

Jangan lewatkan cekungan tersebut, karena cekungan tersebut diperuntukkan sebagai tempat karbon aktif dan pupuk.

4. Memberi Pupuk

Setelah menata pasir di bagian dasarnya, masukkan pupuk di atas pasir pada bagian lekukan yang tadi telah kamu atur. Sehingga pupuk tersebut tidak akan tampak jika dilihat dari samping.

Jika pupuknya sudah dimasukkan, sekarang tutup kembali dengan pasir agar pupuknya tidak kelihatan dan terlihat jadi lebih rapi.

Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Jika menggunakan jenis tanaman air yang mampu menyerap nutrisi melalui daun, pemberian pupuk ini bisa dihilangkan untuk menghemat biaya. Itulah langkah ketiga sebagai cara membuat aquascape bagi pemula.

5. Hias Akuarium dengan Bebatuan

Pada tahap inilah, cara membuat aquascape yang sebenarnya baru dimulai. Kamu bisa mulai menghias akuarium milikmu agar terlihat lebih indah. Hiasan utama yang bisa kamu susun dalam cara membuat aquascape ini adalah berbagai jenis bebatuan.

Untuk berjaga-jaga, belilah sekitar dua kantong batu halus untuk hiasan akuarium milikmu. Untuk hiasan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar di bawah Rp50.000.

 

Foto: ilustrasi batu aquascape (spesial)

 

6. Pasang Alat-Alat yang Mendukung

Setelah diisi air bersih hingga penuh, kamu bisa memasang alat pendukung seperti diffuser CO², pompa, saringan dan lampu. Untuk lampu, kamu bisa menyalakan seperlunya, disarankan untuk menyalakan lampu 8-10 jam setiap harinya.

Inilah cara membuat aquascape bagi pemula, selamat mencoba!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel