1. Lifestyle
  2. Susah Menghafal? Berikut 5 Cara Cepat Menghafal agar Tidak Mudah Lupa
Lifestyle

Susah Menghafal? Berikut 5 Cara Cepat Menghafal agar Tidak Mudah Lupa

Susah Menghafal? Berikut 5 Cara Cepat Menghafal agar Tidak Mudah Lupa

Ilustrasi anak belajar. (Spesial)

Ladiestory.id - Mungkin Anda bertanya-tanya cara cepat menghafal dengan mudah. Tetapi ketika bertanya, kebanyakan orang menjawab bahwa kuncinya adalah pengulangan.

Cara Cepat Menghafal agar Tidak Mudah Lupa

Ilustrasi anak belajar. (Spesial)

 

Namun, realistisnya jika berbicara tentang kekuatan memori, Anda akan berpikir bahwa saran tersebut sama sekali tidak membantu. Jika Anda ingin menghafal dengan cepat dan menyeluruh, bukan hanya pengulangan saja tetapi memahami isi secara keseluruhan juga penting.

Agar pembahasannya mudah Anda terima, berikut akan kami paparkan 5 cara cepat menghafal agar tidak mudah lupa. Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Persiapkan diri Anda

Untuk mengoptimalkan sesi menghafal Anda harus memperhatikan lingkungan yang Anda pilih. Bisa dibilang pilihlah area dengan sedikit gangguan. Carilah area paling kondusif untuk pembelajaran Anda sehingga siap memulai.

Selanjutnya, sediakan minuman. Ada penelitian ilmiah yang menyarankan teh hijau karena teh tersebut sebagai katalis alami untuk meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, bahan kimia beracun akan merusak neuron dan sinapsis kita, yang bisa menyebabkan kehilangan memori bahkan alzheimer.

Teh hijau memiliki kandungan yang menghalangi toksisitas ini dan menjaga sel-sel otak Anda bekerja dengan baik lebih lama.

2. Menulis ulang

Cara cepat menghafal berikutnya adalah menulis ulang materi yang akan Anda hafalkan. Misalkan, Anda harus menghafal pidato. Tuliskan saja dulu pidato tersebut diatas kertas. Menulis ulang dapat membuat ingatan Anda semakin terasah.

Ilustrasi anak belajar. (Spesial)

3. Mengulang informasi

Setelah tadi kami singgung tentang pengulangan, bukan berarti cara tersebut tidak usah dipakai. Sebenarnya, pengulangan juga salah satu upaya menghafal dengan cepat. Namun, nyatanya tidak semua orang suka dengan metode tersebut.

Jika Anda tidak suka cara ini, Anda dapat mengikuti cara sebelumnya yaitu menulis ulang. Setelah itu Anda harus benar-benar memahami isi materi.

4. Jangan lakukan hal instan

Jangan pernah mengharapkan sesuatu yang memuaskan dengan usaha instan. Begitupun dengan menghafal, Anda tak boleh melakukannya secara instan. Tak banyak orang memiliki daya ingat yang tajam.

Lagipula, banyak orang sudah membuktikan cara menghafal dengan sistem kebut semalam tidak efektif.

5. Mind Map

Mind mapping atau biasa disebut sebagai pemetaan pikiran yang terstruktur secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog dari Inggris. Menghafal menggunakan cara mind map, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal.

Ilustrasi anak belajar. (Spesial)

 

Biasanya saat kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar. Selain itu, menggunakan teknik belajar ini bisa membuat pikiran fokus pada topik utama.

Di katakan lebih terjamin untuk menghafal karena Anda bisa fokus pada poin penting dan membuat kesimpulan dalam peta konsep. Membuat mind map bukanlah hal yang sulit, Anda cukup menorehkan topik utama yang akan Anda hafal.

Demikianlah 6 cara cepat menghafal yang bisa Anda terapkan. Semoga membantu!

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel