1. Mom & Kids
  2. 6 Cara agar Anak dengan Berat Badan Lahir Rendah Dapat Tumbuh Optimal
Mom & Kids

6 Cara agar Anak dengan Berat Badan Lahir Rendah Dapat Tumbuh Optimal

6 Cara agar Anak dengan Berat Badan Lahir Rendah Dapat Tumbuh  Optimal

Foto: Jpnn

Ladiestory.id - Berat badan lahir rendah merupakan kondisi dimana berat bayi saat baru lahir di bawah normal. Normalnya bayi yang baru lahir antara 2,5 kilogram--3,5 kilogram.

Bila di bawah 2,5 kilogram maka berat badan bayi rendah. Lalu  bagaimana caranya agar pertumbuhan anak dengan berat badan lahir rendah bisa sehat dan optimal?

Cara agar Anak dengan Berat Badan Lahir Rendah Dapat Tumbuh Sehat dan Optimal

Agar anak dengan berat badan lahir rendah dapat tumbuh sehat dan optimal, cara merawatnya yaitu:

1. Berikan ASI Sesuai Jadwal dengan Rutin

Foto: Jpnn

ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi dalam enam bulan pertama setelah kelahirannya. Jadi, sangat disarankan untuk hanya memberikan ASI yang cukup pada bayi dengan berat badan lahir rendah

Bayi yang memiliki berat badan lahir rendah membutuhkan lebih banyak ASI dalam masa pertumbuhannya, karena itu sebaiknya berikan ASI pada setiap 3 atau bahkan 2 jam sekali.  Jika perlu, bangunkan bayi untuk menyusu jika ia sedang tertidur.

2. Sentuhlah Langsung Anak Anda

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah biasanya ia memiliki jaringan lemak yang tipis, sehingga ia akan sulit menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Menyentuhnya langsung dan menggendong bayi dengan gaya kangguru dapat membantu agar tubuh bayi tetap hangat.

Bukan hanya itu, menggendong bayi dengan cara seperti kangguru juga akan memberikan manfaat lain, seperti:

  • Berat badan bayi lebih cepat meningkat
  • Mengontrol denyut jantung dan juga pernapasan bayi
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tenang
  • Membuat bayi lebih tenang dan nyaman.

3. Menemaninya Saat Tidur

Foto: Ladiestory.id

Tidur bersama buah hati memudahkan Anda  dalam memberikan ASI pada waktu malam hari. Tapi ingatlah, tidur bersama buah hati bukan berarti harus berada di ranjang yang sama.

Anda bisa meletakan tempat tidur buah hati di sebelah tempat tidur Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa bayi Anda tertidur dalam posisi terlentang.

4. Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Gangguan tumbuh kembang anak adalah salah satu komplikasi yang banyak terjadi pada anak dengan berat badan lahir rendah. Oleh karena itu, Anda harus pastikan untuk membawa buah hati ke dokter spesialis anak secara rutin, agar dokter dapat memantau kondisi anak Anda dan bisa mendeteksi tumbuh kembangnya sejak dini.

5. Melengkapi Imunisasi Anak

Bayi dengan berat badan lahir rendah mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga menyebabkan ia mudah terkena penyakit infeksi. Untuk mencegahnya hal ini, Anda harus pastikan jadwal imunisasi anak lengkap dan pemberiannya sesuai dengan waktu yang disarankan dokter.

6. Memiliki Banyak Waktu Bersama Anak

Foto: Ladiestory.id

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah perlu selalu berada dalam kondisi yang optimal dan lingkungan yang aman, agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Anda bisa mendukung tumbuh kembangnya dengan lebih banyak meluangkan waktu untuk menggendongnya atau mengajaknya bermain. Jangan merasa segan untuk mencari bantuan.

Itulah 6 cara agar pertumbuhan anak dengan berat badan lahir rendah dapat sehat dan optimal. Semoga bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel