1. Beauty
  2. Bye Komedo! 6 Cara Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami
Beauty

Bye Komedo! 6 Cara Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Bye Komedo! 6 Cara Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Ilustrasi perempuan mengenakan alat pencabut komedo. (Special)

Ladiestory.id - Selain jerawat, banyak perempuan yang merasa terganggu dengan komedo. Komedo hitam atau yang biasa disebut black heads adalah salah satu jenis komedo yang banyak dikeluhkan. Biasanya komedo ini banyak ditemukan pada area hidung. Jika dibiarkan maka, komedo ini akan menimbulkan jerawat yang rasanya sakit.

Ciri utama dari komedo hitam ini biasanya adanya benjolan kecil yang warnanya gelap atau hitam di permukaan kulit. Namun benjolan tersebut tidak sebesar jerawat dan permukaan kulit yang terdapat komedo ini menjadi lebih kasar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami?

Meskipun komedo tidak menyebabkan peradangan, akan tetapi tetap perlu untuk dihilangkan agar kulit tetap besih dan sehat. Selain menggunakan skincare, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo. Bagaimana caranya?

1. Lemon dan Madu

Untuk menghilangkan komedo yang membandel di area wajah, kamu bisa memanfaatkan lemon. Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Kemudian, oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedo.

Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa menerapkan cara alami menghilangkan komedo ini sekali dalam seminggu

2. Kayu Manis dan Jeruk Nipis

Media India merekomendasikan kayu manis sebagai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Supaya efeknya lebih maksimal, kamu perlu mencampur kayu manis dengan air perasan jeruk nipis. C

ampur dua bahan alami itu dengan perbandingan yang sama. Setelah teraduk rata, aplikasikan masker penghilang komedo pada kulit lalu diamkan selama semalaman.

Di pagi hari, bilas sisa masker dengan air hangat. Usahakan untuk melakukan cara membersihkan komedo tersebut secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori. Yang akan berpotensi menyebabkan komedo Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang dapat membantu menghilangkan komedo.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

4. Pepaya

Tak hanya bagus untuk pencernaan, pepaya juga ampuh dalam cara menghilangkan komedo dengan yang membandel dengan bahan alami ini.

Studi dalam National Center for Biotechnology Information, enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan dan mengangkat sel kulit mati pada kulit. Retinol dan kandungan vitamin A pada pepaya, dapat membantu mengobati dan mencegah lesi peradangan pada jerawat.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menghaluskan buah pepaya dan mencampurnya dengan madu. Pakai sebagai masker di seluruh wajah. Sel kulit mati plus komedo yang ada di wajah akan hilang secara alami.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang sangat penting untuk perbaikan jaringan kulit. Jadi tidak heran jika kulit jeruk cocok untuk menghilangkan komedo di wajah.

Yang harus kamu lakukan adalah menggiling kulit jeruk dan mencampurnya dengan air hingga membentuk pasta, lalu gosokkan ke kulit. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

6. Bubuk Kopi

Bahan alami untuk menghilangkan komedo di hidung atau di leher lainnya adalah bubuk kopi. Ya, untuk mendapatkan wajah yang bebas dari komedo, kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dan minyak kelapa.

Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah kamu.

Kemudian, pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar di sekitar area wajah yang terdapat komedo, biarkan selama lima menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi penggunaan ini secara teratur, setidaknya seminggu sekali.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel