1. Entertainment
  2. Bukan Keturunan Jawa, Morgan, Zulfa, dan Naimma Akui Kesulitan Belajar Bahasa Jawa
Entertainment

Bukan Keturunan Jawa, Morgan, Zulfa, dan Naimma Akui Kesulitan Belajar Bahasa Jawa

Bukan Keturunan Jawa, Morgan, Zulfa, dan Naimma Akui Kesulitan Belajar Bahasa Jawa

Zulfa Maharani, Morgan Oey, dan Naimma Aljufri. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Ikut berperan dalam film ‘Srimulat: Hidup Memang Komedi’ membuat beberapa cast khususnya Morgan Oey, Zulfa Maharani, dan Naimma Aljufri harus bekerja lebih ekstra dalam proses syuting.

Pasalnya, ketiganya tidak memiliki darah keturunan Jawa, hingga membuat mereka harus mempelajari Bahasa Jawa yang menjadi Bahasa keseharian angggota Srimulat, dari nol.

Bukan hal mudah, Morgan, Zulfa, dan Naimma pun mengaku sangat kesulitan untuk mempelajari Bahasa Jawa yang bukan lah Bahasa utama dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Wah itu parah deh, gua kerja keras banget,” tutur Zulfa Maharani kepada awak media, di kawasan Senayann, pada Selasa (31/10/2023).

“Kita 3 bulan ada kali ya (belajar Bahasa Jawa) kita pake brain game, aku sampe beli buku Bahasa Jawa, aku punya buku kecil,” timpal Naimma Aljufri.

Ketiganya sangat bekerja keras untuk mempelajari Bahasa Jawa, meski di awal mereka merasa aksen dari plafalan Bahasa Jawa yang terbilang khas sangat tidak cocok jika mereka yang mengucapkan.

Zulfa Mahharani, Morgan Oey, Naimma Aljufri. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Kendati demikan, mereka sangat dibantu oleh acting coach mereka, yakni Rukman Rosadi, hingga aksen pelafalan Bahasa Jawa mereka terus membaik.

“Aksennya gak banget ya awal-awal tuh,” jelas Morgan Oey.

“Alhamdulillah Mas Rosa punya beberapa trik dan tips-tipsnya dari beliau, diulang di rumah maupun kita ketemu. Kita barin game depan-depanan gitu sama lawan, nanti satu kata dibales-bales terus switch, terus lama-lama jadi dua kata. Habis itu mulai pake aksennya, mulai pake semuanya,” tambah Naimma.

Meski belajar Bahasa Jawa hanya untuk kebutuhan syuting film ‘Srimulat: Hidup Memang Komedi’, Morgan, Zulfa, dan Naimma ternyata juga harus mempelajari aksara Jawa.

“Sama ‘honocoroko’ juga kita belajar,” tambah Naimma.

“Skripnya itu udah kayak bahkan d d d do d-nya itu gue baru tau sekompleks itu,” timpal Zulfa Maharani.

Bukan tanpa alasan, kerja keras ketiga cast yang tidak memiliki darah keturunan Jawa itu dilakukan untuk mendapatkan pengakuan dari para Orang Jawa bahwa aksen Bahasa Jawa yang diucapkan mereka dalam ‘Srimulat: Hidup Memang Komedi’ enak didengar.

“Mungkin Mas Rosa gak pengen kita kayak yang artificial, tapi emang native. Jadi tuh, kita Cuma punya 3 bulan untuk jadi native speaker,” tambah Zulfa Maharani.

At least aksen kita tuh gak fake, dialek kita gak maksa, approved sama Orang Jawa,” tutup Morgan.

Poster Film Srimulat: Hidup Memang Komedi. (Spesial)

Film dengan genre komedi ini dibuat untuk mengembalikan memori masyarakat Indonesia akan grup lawak legendaris, Srimulat.

Film ‘Srimulat: Hidup Adalah Komedi’ diperankan oleh berbagai bintang lainnya yang di antaranya adalah Juan Bio One (Gepeng), Indah Permatasari (Royani), Elang El Gibran (Basuki), Erika Carlina (Djujuk), Dimas Anggara (Timbul), Morgan Oey (Paul), Zulfa Maharani (Nunung), Ibnu Jamil (Tarzan), Erick Estrada (Tessy), Ana (Naima Aljuufri), Teuku Rifnu Wikana (Asmuni), Rukman Rosadi (Teguh), dan Rano Karno (Babe Makmur).

Film ‘Srimulat: Hidup Memang Komedi’ akan tayang pada 23 November 2023 mendatang di seluruh bioskop Indonesia.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel