1. Health
  2. 7 Buah yang Dapat Redakan Demam Anak
Health

7 Buah yang Dapat Redakan Demam Anak

7 Buah yang Dapat Redakan Demam Anak

Buah-Buahan. (Special)

Ladiestory.id - Saat anak mengalami demam, tentu kamu sebagai orang tua akan merasa cemas serta khawatir. Apalagi tidak semua jenis obat bisa dikonsumsi secara langsung oleh anak-anak. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Beberapa jenis buah dipercaya mampu untuk membantu menurunkan panas serta demam anak. Selain itu, buah-buahan juga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh dan menambah cairan yang hilang saat demam menyerang. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan panas anak secara alami.  

Semangka

Semangka. (Special)

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung air. Kandungan air yang terdapat pada buah semangka, dapat mencegah dehidrasi di dalam tubuh.

Selain itu, semangka juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Jika anak memiliki metabolisme tubuh yang baik, maka proses penyembuhan demam akan jadi lebih cepat. Rasa semangka juga manis dan segar, sehingga sangat mudah disukai oleh anak-anak.

Jeruk

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

Buah lainnya yang dapat membantu menurunkan panas serta demam anak yaitu jeruk. Buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C ini juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu menurunkan demam anak.

Vitamin C yang terdapat pada jeruk juga dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak. Buah jeruk dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus yang sangat disukai anak – anak.

Melon

Foto: Liputan6

Sama halnya dengan semangka, melon juga termasuk buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Memiliki berbagai kandungan vitamin, melon dipercaya dapat meredakan gejala demam pada anak. Melon juga mampu untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Pepaya

Ilustrasi pepaya. (Special)

Dikenal sebagai buah yang kaya akan serat, ternyata pepaya juga mengandung beta karoten, vitamin C, dan E yang dipercaya mampu meredakan gejala demam anak. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C sangat berperan penting untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh. Sedangkan vitamin E dapat membantu meredakan peradangan yang menyerang tubuh.

Apel

Apel. (Special)

Buah yang dikenal sebagai detoksifikasi ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat lain dari konsumsi apel, selain dapat menjaga kesehatan, kandungan flavonoidnya sangat efektif untuk meringankan gejala demam pada anak.

Disarankan untuk mengkonsumsi apel beserta dengan kulitnya, Kamu hanya perlu mencuci apel sampai bersih, lalu potong kecil – kecil dan bisa dikonsumsi secara langsung untuk anak-anak.

Delima

Ilustrasi buah delima. (Special)

Tidak hanya apel, kandungan flavonoid juga bisa ditemukan pada delima. Selain mengandung flavonoid, buah delima juga sangat kaya antioksidan, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan kulit.

Terlepas dari itu, delima dipercaya dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Sehingga dapat membantu proses pemulihan demam pada anak. Delima bisa diolah menjadi jus dengan campuran jeruk untuk mendapatkan rasa yang segar serta manis, agar mudah dikonsumsi oleh anak-anak.

Aneka Beri

Buah berry (Special)

Aneka buah beri seperti strawberry, blackberry, blueberry, cranberry, hingga raspberry memiliki kandungan vitamin yang ditubuhkan oleh tubuh. Selain zat flavonoid, buah beri memiliki sifat antivirus dan anti inflamasi yang terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah beri dipercaya mampu menurunkan panas demam anak karena adanya respons imunitas antivirus yang ada di dalam kandungan buah tersebut.

Itulah tujuh rekomendasi buah yang dipercaya mampu untuk meredakan gejala panas demam anak. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh dengan konsumsi buah secara alami. Beralih ke pola hidup sehat,akan membantu meminimalisir risiko terserang berbagai penyakit.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel