1. Health
  2. Jaga Gula Darah, 6 Buah Ini Baik Untuk Dikonsumsi
Health

Jaga Gula Darah, 6 Buah Ini Baik Untuk Dikonsumsi

Jaga Gula Darah, 6 Buah Ini Baik Untuk Dikonsumsi

Ilustrasi buah (iStockphoto/AntonioGuillem)

Ladiestory.id - Buah dikenal mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun walau begitu, buah juga berpengaruh dalam kontrol gula darah yang tidak baik. Walaupun pengaruhnya tidak seburuk gula tambahan pada makanan, tetapi tetap perlu diingat untuk memilih buah yang baik untuk mengontrol gula darah Anda. 

Dibandingkan dengan buah yang mengandung banyak gula, akan lebih baik untuk menjadikan buah yang mengandung banyak serat dan mineral seperti magnesium dan tembaga sebagai pilihan. Kandungan tersebut berdampak lebih baik terhadap gula darah yang ada di tubuh.

Berikut ini Ladiestory.id memiliki beberapa rekomendasi buah yang lebih baik untuk kontrol gula darah Anda.

Alpukat

Ilustrasi buah alpukat (Special)

Alpukat hanya mengandung gula sebanyak satu gram per porsinya. Buah ini mengandung magnesium yang melimpah yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kadar insulin itulah yang akan membantu mengontrol gula darah.

Kelapa

Kelapa (Ladiestory.id)

Kandungan gula untuk satu cangkir kelapa adalah sebanyak 5 gram. Kandungan lemak dan serat yang terdapat di dalam kelapa juga membantu untuk kontrol gula darah yang baik bagi orang yang mengonsumsinya.

Tomat

Tomat (Special)

Sering dikategorikan sebagai sayur, tetapi pada dasarnya tomat adalah buah karena ia tumbuh dari bunga dan berbiji. Satu cangkir buah tomat hanya mengandung 4 gram gula. Tomat juga mengandung likopen dan karotenoid, di mana kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah tubuh dan meningkatkan kadar insulin.

Blueberry

Ilustrasi blueberry (Special)

Buah blueberry sering dijumpai sebagai pelengkap makanan lain seperti yogurt atau kue. Konsumsi buah ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu kontrol gula darah. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Current Developments in Nutrition menunjukkan bahwa di antara 2 pria dengan diabetes yang mengonsumsi blueberry menunjukkan meningkatnya parameter kesehatan seperti gula darah dan manajemen insulin.

Pir

Ilustrasi buah pir (Spesial)

Buah pir dengan ukuran sedang mengandung 6 gram serat. Kandungan ini setara dengan sekitar 21% dari nilai harian yang direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi. Serat dalam buah pir dapat membantu kontrol gula darah. 

Namun, kandungan serat lebih banyak terdapat pada kulit pir. Oleh karena itu, saat mengonsumsi buah pir sebaiknya tidak mengupas kulitnya.

Apel

Ilustrasi buah apel (Special)

Satu buah apel dengan ukuran sedang mengandung lebih dari 4 gram serat alami dan gula yang tidak lebih dari 20 gram. Apel memiliki serat dan berbagai senyawa seperti quercetin dan asam klorogenat yang dapat membantu mengurangi gula darah.



Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel