5 Brand Fashion Lokal yang Berhasil Tembus Pasar Internasional hingga Tampil di NYFW

Kamis, 4 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Brand Fashion Lokal Yang Berhasil Tembus Pasar Internasional Hingga Tampil Di Nyfw

Foto: Instagram/sadadd

Ladiestory.id - Kualitas brand fashion lokal akhir-akhir ini memang menunjukkan perkembangan yang sangat bagus. Beberapa di antaranya bahkan telah berhasil menembus pasar Internasional.

Hal ini tentu tak lepas dari konsistensi mempertahankan kualitas, pelayanan dan selalu mengikuti perkembangan fashion dunia. 

Artikel ini akan membahas beberapa brand fashion asli Indonesia yang kini telah go Internasional. Bahkan beberapa waktu lalu ada salah satu brand yang berhasil tampil dalam perhelatan New York Fashion Week yang juga diwakili oleh beberapa influencer dan artis besar Indonesia. 

Brand Lokal Indonesia yang Telah Memiliki Eksistensi di Kancah Internasional 

Sejak namanya tembus pasar asing eksistensi dari beberapa brand ini tampaknya kian melesat tajam. Dikenal unggul dalam kualitas berikut 5 brand dalam negeri yang berhasil tembus pasar dunia.

1. Erigo

brand lokal mendunia
Foto: Instagram/sadadd

Bagi kamu yang mengikuti industri fashion Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini, Yups! Brand fashion tersebut bernama Erigo.

Berdiri pada tahun 2010 Erigo konsen pada produksi fashion unisex dengan mengusung tema travelling dan street style yang kekinian. 

Brand besar milik Muhammad Sadad ini dulunya bernama “Selected and Co” yang fokus pada produksi pakaian batik. Lalu pada tahun 2013 “Selected and Co”  mantab berganti nama menjadi Ergio

Sejak berganti nama, Erigo mulai gencar melakukan pemasaran lewat pemotretan product campaign di luar negeri seperti Jepang dan Singapura.

Berkat product campaign ini nama brand tersebut makin terkena hingga berhasil terpampang di billboard Time Square New York, Amerika Serikat awal Maret 2021.

Tak cukup sampai disitu, untuk pertama kalinya Erigo berhasil mempertunjukkan koleksi terbaiknya pada perhelatan akbar New York Fashion Week 2022. Acara pameran fashion ini diikuti oleh sejumlah influencer hingga artis top Indonesia.  

2. Buttonscarves 

Brand lokal yang telah berhasil tembus pasar internasional selanjutnya ada Buttonscarves. Ini merupakan brand busana muslimah yang telah ada sejak tahun 2016 dan konsen memproduksi hijab dan aksesoris khusus wanita dengan kualitas premium.

Buttonscarves sendiri telah banyak melakukan kolaborasi dengan tokoh terkenal Indonesia hingga berkolaborasi dengan kartun Disney untuk produksi hijab Buttonscarves.

Dengan eksistensinya yang telah mendunia ini Buttonscarves tak hanya terkenal di Indonesia namun juga di negara lain  Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.  

3. El Halus 

Selanjutnya ada El Halus yang merupakan brand streetwear lokal yang juga memiliki produk outer untuk unisex.

Sebagai brand lokal, El Halus mengutamakan prinsip craftsmanship yang mana semua koleksinya terlihat premium karena dibuat dengan detail dan perhatian khusus.

Eksistensi brand ini pun tidak bisa dianggap remeh. Media besar sekelas Hypebeast dan Highsnobiety bahkan pernah memberikan respon yang positif terkait koleksi Elhaus Spring/Summer 2018 yang dominan dengan aksen patchwork dan camo.

Tak hanya di indonesia, El Halus juga telah dikenal di berbagai negara bagian seperti Thailand, Singapura, Taiwan hingga Inggris. 

4. Matoa

brand lokal mendunia
Foto: matoa-indonesia

Untuk kamu pecinta jam tangan  lokal pasti sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini. Yups, Matoa adalah brand jam tangan lokal yang kini telah melebarkan sayap ke pasar internasional.

Matoa sendiri adalah produsen jam tangan kayu asal Bandung yang mengusung tema urban yang eco-friendly. 

Seolah tak ingin  lepas dari keberagaman budaya Indonesia, Matoa memberikan nama yang cukup unik kepada setiap jam tangan yang mereka buat. Seperti contohnya Mayo, Gili, Jalan dan Flores.

Eksistensi dari Matoa sendiri sudah merambah ke berbagai negara seperti Malaysia, Cina, Singapura dan beberapa negara di Eropa.  

5. Sagara 

Terakhir ada brand sepatu boots dengan bahan dasar kulit yang bernama Sagara. Brand ini terkenal akan kualitas serta pelayanannya yang menyediakan custom-order.

Tak tanggung-tanggung produk yang dihasilkan oleh Sagara kini telah menembus pasar Internasional seperti Inggris, Jerman, Skotlandia hingga Amerika Serikat. 

Wah bangga banget ya melihat brand lokal Indonesia berjaya di kancah internasional. Semoga kalian juga bangga dan mau berkontribusi dengan memakai berbagai item fashion dari brand lokal di atas, ya!