1. Health
  2. Bisa Turunkan Berat Badan, Yuk Ketahui Manfaat Bubuk Daun Kelor
Health

Bisa Turunkan Berat Badan, Yuk Ketahui Manfaat Bubuk Daun Kelor

Bisa Turunkan Berat Badan, Yuk Ketahui Manfaat Bubuk Daun Kelor

Bubuk Daun Kelor. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bubuk daun kelor yang terbuat dari daun kering pohon Moringa Oleifera. Daun kelor kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikan bubuk kelor sebagai bahan yang populer di industri kesehatan, kecantikan, dan kebugaran. Seperti mengatasi jerawat, hingga menurunkan berat badan.

Dalam penggunaannya, ada beberapa cara untuk menggunakan bubuk kelor untuk melindungi dan menutrisi rambut dan kulit, sekaligus mendukung pengelolaan berat badan. Menurut Departemen Pertanian AS, sekitar seratus gram daun kelor akan memberikan  78,7 gram air, 9,4 gram protein, 2 gram serat, 51,7 mg vitamin C, 1,2 mg vitamin B-6, 4 mg zat besi, dan 0,6 mg seng.

Melansir Healthshots, berikut ini beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan: 

Rambut Sehat

Ilustrasi Rambut Sehat. (Freepik.com)

 

Menurut pemaparan dokter kulit Dr Noopur Jain, bubuk kelor ramah rambut karena mengandung nutrisi, termasuk seng, yang dikenal dapat mencegah kerusakan rambut. 

Asam amino esensial yang ada dalam bedak ini membantu sintesis keratin, protein yang membantu memperkuat rambut. Selain itu, kelor juga mengandung antioksidan yang disebut Quercetin yang mencegah kerusakan rambut dengan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di folikel rambut.

Kulit Bercahaya

Ilustrasi Kulit Bercahaya. (Freepik.com)

 

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Dermatology and Allergology, krim kelor dapat meningkatkan efek revitalisasi kulit dan mendukung efek anti-penuaan pada kulit. Tanda-tanda penuaan dini pada dasarnya disebabkan oleh kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Antioksidan yang hebat pada bubuk kelor dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sel dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Penurunan Berat Badan

Ilustrasi Penurunan Berat Badan. (Freepik.com)

 

Kelor mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu memerangi obesitas, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods pada tahun 2021. Bubuk kelor tinggi serat, dan serat memiliki khasiat membuat seseorang kenyang lebih lama, dan itu dapat membantu mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Efek Samping Penggunaan Bubuk Kelor

Bubuk Daun Kelor. (Freepik.com)

 

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, penggunaan bubuk kelor juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Bubuk kelor dapat bermanfaat untuk kulit, rambut, dan berat badan Anda. Namun pastikan untuk menggunakan kebaikan alami ini secukupnya untuk menghindari efek samping seperti mual dan kembung. Berikut ini beberapa efek samping dari penggunaan bubuk kelor.

  • Usus Anda mungkin terpengaruh oleh kandungan seratnya yang tinggi, sehingga menyebabkan gas atau kembung.

  • Gejala diare, mual atau kembung bisa disebabkan oleh konsumsi yang berlebihan.

  • Jika bubuk kelor dikonsumsi bersama obat hipoglikemik oral oleh penderita diabetes, dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rendah dan menimbulkan keadaan darurat medis.

  • Mereka yang memiliki kelainan tiroid sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kelor karena dapat berinteraksi dengan obat tiroid.

  • Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dalam jangka waktu yang lama, bahkan dapat merusak hati dan ginjal.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel