1. Mom & Kids
  2. Bisa Bentuk Karakter, Yuk Moms Ajarkan Basic Manners Ini pada Anak!
Mom & Kids

Bisa Bentuk Karakter, Yuk Moms Ajarkan Basic Manners Ini pada Anak!

Bisa Bentuk Karakter, Yuk Moms Ajarkan Basic Manners Ini pada Anak!

Ilustrasi keluarga bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Tugas dan tanggung jawab orang tua tidak hanya memberikan makanan yang bergizi atau pendidikan formal saja, tapi juga perlu mengajarkan pendidikan karakter sejak dini. Justru orang tua memiliki peran yang besar dalam membentuk kepribadian si Kecil.

Agar anak menjadi pribadi yang baik, tentunya butuh usaha yang dan waktu yang tidak singkat. Orang tua perlu mengajarkan beberapa basic manners, sebab konon hal ini bermanfaat untuk membentuk kepribadian anak.

Ladiestory.id merangkum beberapa basic manners yang sebaiknya diajarkan pada anak sejak dini.

1. Gunakan Bahasa yang Sopan

Ilustrasi kelurga berkomunikasi dengan bahasa sopan. (Special)

Ajarkan anak untuk terbiasa berkomunikasi menggunakan tata bahasa yang sopan. Hal ini akan bermanfaat bagi anak saat ia bergaul dengan orang lain. Pasalnya, anak dapat mengkondisikan tutur katanya meski situasi sedang memburuk. 

2. Minta Maaf

Ilustrasi ajarkan anak minta maaf. (Special)

Kata “maaf” disebut sebagai salah satu magic words, yang perlu diajarkan sejak dini. Sebagai orang tua pun seharusnya tidak memaklumi kesalahan anak. Ajarkan anak untuk meminta maaf jika memang berbuat salah.

Menamankan mindset agar anak meminta maaf saat salah bisa melatihnya menjadi seseorang yang rendah hati. Kelak saat ia dewasa, ia dapat menghormati dan tidak menyakiti orang lain.

3. Berlaku Sopan di Tempat Orang

Ilustrasi anak mengetuk pintu. (Special)

Untuk mendidik anak menjadi pribadi yang sopan, orang tua dapat mengajarkan anak mulai dari hal-hal kecil. Salah satu contohnya, dengan mengetuk pintu kamar saudaranya dan masuk saat sudah dipersilakan.

Hal sepele ini dapat membawa dampak besar saat anak tumbuh dewasa. Pasalnya, anak jadi paham jika tidak di tempatnya, ia dapat menjaga sikap dan dapat membentuk rasa sopan dan santun pada orang lain.

4. Dahulukan Orang yang Lebih Tua

Ilustrasi anak mendahulukan orang tua. (Special)

Anak juga perlu diajarkan untuk dapat mendahulukan yang lebih tua. Contoh paling mudah, anak dapat memberi tempat duduk pada lansia. Dengan mengajarkan hal ini, anak bisa menjadi pribadi yang segan berbuat buruk pada orang lain, apalagi terhadap orang yang lebih tua.

5. Buang Sampah pada Tempatnya

Ilustrasi anak membuang sampah. (Special)

Konon, kebersihan bisa menjadi cerminan karakter seseorang. Untuk itu, penting untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya sejak usia dini. Hal ini akan melatih anak untuk terbiasa untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Walaupun terlihat sepele, ajaran membuang sampah pada tempatnya juga dapat melatih rasa tanggung jawab anak.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel