Bingung Memilih Daycare yang Aman dan Tepat untuk Anak? Berikut Tipsnya

Selasa, 21 Mei 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bingung Memilih Daycare Yang Aman Dan Tepat Untuk Anak? Berikut Tipsnya

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian parents yang sama-sama sibuk bekerja, salah satu pilihan terbaik untuk anak ialah dengan memilih daycare atau penitipan anak yang aman dan tepat. Dalam memilih daycare tentu parents harus selektif untuk memenuhi kebutuhan anak agar lebih berkualitas. Ada beragam kasus yang muncul dari daycare sehingga membuat parents merasa takut, khawatir bahkan bingung untuk meninggalkan anak sehingga membuat parents tidak boleh salah memilih daycare. Berikut ini tips memilih daycare yang aman dan tepat seperti yang telah Ladiestory.id rangkum.

Sesuaikan dengan Daftar Kebutuhan

Ilustrasi kegiatan anak di daycare. (Special)

 

Sebelum memulai pencarian tempat penitipan anak atau daycare, maka  penting bagi parents  untuk memikirkan apa yang dibutuhkan. Apakah anda membutuhkan tempat penitipan anak yang dekat dengan rumah atau kantor? Apakah anda membutuhkan tempat penitipan anak dengan jam kerja yang fleksibel? Atau apakah anda lebih menyukai tempat penitipan anak dengan dua bahasa dan fasilitas yang memadai. Maka dari itu, buatlah daftar kebutuhan anda dan gunakan cara tersebut untuk memandu pencarian anda.

Perhatikan Review Daycare

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

 

Setelah anda memiliki gambaran tentang apa yang anda butuhkan, saatnya untuk meneliti pilihan anda. Cari tempat penitipan anak di daerah anda dan tinjau situs web maupun sosial media yang mereka miliki untuk informasi lebih lanjut tentang program, jadwal dan kebijakan mereka. Anda juga dapat bertanya kepada teman dan keluarga apakah mereka memiliki rekomendasi dan informasi terbaik tentang daycare yang berkualitas.

Periksa Kredibilitas Daycare

Ilustrasi kegiatan anak di daycare. (Special)

 

Penting untuk memeriksa kredensial dan kredibilitas tempat penitipan anak yang sedang anda pertimbangkan. Pastikan tempat penitipan anak tersebut memiliki lisensi yang valid, guru serta pengasuh yang sudah bersertifikat serta memiliki pengalaman dalam pengasuhan anak. Selain itu, keamanan adalah hal yang penting dalam hal penitipan anak. Pastikan tempat penitipan anak memiliki langkah-langkah keamanan, seperti sistem keamanan di pintu dan prosedur untuk masuk dan keluarnya anak-anak.

Perhatikan Kebijakan dan Aturan Daycare

Ilustrasi kegiatan anak di daycare. (Special)

 

Tempat penitipan anak yang baik memiliki kebijakan operasional atau SOP yang tertulis dan jelas untuk hal-hal kecil seperti saat mereka melakukan circle time hingga aturan yang lebih penting seperti cara menangani anak yang sakit atau situasi darurat. Anda juga harus memperhatikan dan mencermati peraturan dan kebijakan yang mereka terapkan sehingga kebijakan tersebut tidak membingungkan atau membuat orang tua merasa tidak nyaman.

Perhatikan Lisensi dan Akreditasi Resmi

Ilustrasi kegiatan anak di daycare. (Special)

 

Perizinan adalah persyaratan hukum negara dan akreditasi adalah standar yang lebih tinggi. Setiap negara memiliki persyaratan hukum dasar untuk mengoperasikan tempat penitipan anak, jadi sangat perlu mendapatkan lisensi dan berizin resmi yang tidak bisa ditawar. Tetapi apakah tempat penitipan anak yang bagus juga perlu diakreditasi atau tidak, itu sepenuhnya terserah anda dan mungkin tergantung pada ketersediaan di daerah anda.

Lembaga perizinan negara memvalidasi bahwa pusat penitipan anak itu aman dan mematuhi semua peraturan resmi. Lembaga akreditasi bersifat swasta dan mengevaluasi pusat-pusat perawatan berdasarkan kriteria yang lebih luas yang bisa sangat spesifik.

Perhatikan Jadwal dan Kurikulum

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

 

Dilansir dari Babylist, menurut Rachel Robertson, Vice President for Education and Development at Bright Horizon mengungkapkan “Program perawatan dan pendidikan usia dini yang sangat baik memungkinkan anak-anak untuk diinvestasikan dalam materi dan pembelajaran mereka. Guru yang terampil menyeimbangkan hasil belajar yang penting dengan minat alami anak-anak. Apa pun program yang anda pilih untuk anak anda, maka anda, guru dan anak anda dapat bergabung dalam kemitraan untuk meningkatkan pengalaman belajar anak. Dengan membangun hubungan sekolah dan rumah yang kuat sejak awal, orang tua dan guru dapat mendukung anak-anak dan mempersiapkan mereka untuk sukses di masa depan, baik di dalam maupun di luar kelas.”

Pertimbangkan Harga

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

 

Harga juga merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih tempat penitipan anak. Pastikan harganya sesuai dengan anggaran anda dan tidak ada biaya tersembunyi yang dapat meningkatkan total biaya.