1. Health
  2. Bingung Hitung Masa Subur? Ladies, Coba Pakai Ovu Test
Health

Bingung Hitung Masa Subur? Ladies, Coba Pakai Ovu Test

Bingung Hitung Masa Subur? Ladies, Coba Pakai Ovu Test

Ilustrasi perempuan hamil. (Special)

Ladiestory.id - Tak sedikit perempuan yang kebingungan dan kesulitan untuk mengetahui masa subur. Pasalnya mengetahui masa subur perempuan merupakan hal yang penting guna merencanakan kehamilan.

Masa subur perempuan sering disebut sebagai masa ovulasi. Momen tersebut umumnya dimulai sejak sekitar 10 sampai 14 hari sebelum masa haid selanjutnya tiba. Namun, hal ini hanya berlaku bagi perempuan yang mempunyai siklus haid teratur yakni 28 hari. Untuk perempuan yang mempunyai siklus menstruasi kurang teratur, cukup sulit mendeteksi kapan tubuh akan melakukan ovulasi setiap bulannya.

Apa itu Ovu Test?

Ilustrasi hasil cek kehamilan. (Special)

 

Ovu test merupakan salah satu alat untuk mendeteksi kapan masa subur perempuan dengan menggunakan ovulation test pack. Pada dasarnya alat ini mudah digunakan seperti penggunaan test pack. Kamu hanya perlu meneteskan sampel urine ke alat tersebut.

Ovu test berkerja dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormone (LH) dalam urine. Apabila produksi hormon tersebut mengalami peningkatan, itu menandakan masa ovulasi akan segera tiba dan inilah waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual, jika Anda ingin memiliki keturunan.

Bisa dibilang alat ini efektif 99 persen untuk mengetahui masa subur wanita dalam sekali pakai. Namun keakuratan ini tidak dapat digunakan pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau Luteinized Unrupured Follicle Syndrome (LUFS). Pasalnya kondisi ini mempengaruhi hormon LH.

Sindrom ini merupakan suatu penyakit ketika ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang secara normal karena ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur disertai pembentukan kista multipel pada ovarium. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kemandulan.

Jenis Ovu Test

Rupanya cara mendeteksi masa subur wanita menggunakan alat tidak hanya lewat hormon LH, namun dapat melalui air liur dan suhu basal tubuh. Oleh sebab itu, berikut beberapa jenis ovu test yang tersedia

1. Ovu Test Strip

Alat uji masa subur ini tersedia dalam bentuk stip dengan menggunakan uji urine. Biasanya, ovu test strip dijual dengan harga sekitar 26ribuan per pcs.

Cara Pakai Ovu Test Strip

- Puasa minimal 2 jam sebelum tes, lakukan tes setiap hari pukul 10 pagi hingga 8 malam.

- Tampung urine di wadah bersih.

- Celupkan strip ke dalam urine selama 5 detik.

- Keluarkan, hasil tes akan muncul dalam 40 detik. Namun, dapat tunggu hingga 10 menit untuk konfirmasi hasil.

Indikator 2 garis berarti Anda sedang dalam masa subur.

2. Ovu Test Scope

Alat uji masa subur yang kedua ini mendeteksi melalui air libur. Sebab perubahan hormon saat masa subur wanita rupanya juga memengaruhi fisiologis air liur. Ada  perbedaan bentuk kristal air liur wanita yang kemudian dapat dideteksi dengan alat uji masa subur.  Diantaranya 1 pcs alat uji masa subur, 2 baterai, 1 kain pembersih, buku petunjuk, buku masa subur, dapat digunakan berulang kali (reusable).

Cara Pakai Ovu Test Scope

- Lakukan tes ovulasi 2 kali sehari antara pukul 10 pagi hingga jam 8 malam. Lakukan di waktu yang sama.

- Sebelum tes, Anda harus puasa makan dan minum minimal 2 jam.

- Pasang baterai dan lepaskan penutupnya.

- Terdapat dua lensa, lensa objek dan lensa ULIR.

- Pertama, tarik lensa objek, lalu tuangkan air liur secara langsung dan merata menutupi lensa objek. Jangan sampai ada gelembung air liur. (Jangan pakai jari, bisa dioleskan langsung dengan lidah).

- Tunggu 30-60 menit hingga air liur kering, lalu pasang kembali.

- Lalu, putar lensa ulir hingga kencang.

- Putar arah sebaliknya sambil menekan tombol hingga terlihat cahaya, dekatkan ke mata dan amati hingga menemukan hasil fokus.

- Amati dan bandingkan hasil dengan gambar diagram hasil.

- Setelah selesai dipakai, bersihkan alat.

- Bila menunjukan masa subur, disarankan untuk melakukan hubungan 2 atau 3 kali sehari untuk memaksimalkan hasil kehamilan.

3. Ovu Test Digital

Nah, jika alat pendeteksi masa subu warna yang ini memiliki keakuratan hingga 99 persen. Ovu test digital  mengukur lonjakan hormon LH (Luteinizing Hormone).

Cara Pakai Ovu Test Digital

- Pasang stik ke alat hingga ada bunyi klik dan tombol power menyala otomatis.

- Lalu akan muncul simbol air di layar.

- Tampung urine dalam wadah bersih.

- Celupkan stik ke dalam urine.

- Bisa langsung dikeluarkan.

- Pasang tutup stik, letakan dengan posisi layar menghadap atas.

- Tunggu hingga hasil keluar. Indikator Yes berarti ada lonjakan LH penanda masa subur. Indikator No berarti belum masa subur.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel