1. Beauty
  2. Bikin Rambut Jadi Halus, Yuk Coba 5 Tips Perawatan Rambut ala Korea
Beauty

Bikin Rambut Jadi Halus, Yuk Coba 5 Tips Perawatan Rambut ala Korea

Bikin Rambut Jadi Halus, Yuk Coba 5 Tips Perawatan Rambut ala Korea

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Negeri Ginseng, Korea, masih menjadi kiblat kecantikan para perempuan, seiring semakin berkembangnya fenomena Drama Korea. Tak hanya tertuju pada perawatan kulit, tetapi juga pada perawatan rambut.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut yang lembut, halus, dan berkilau seperti orang Korea. Mulai dari memberi tekstur pada rambut, hingga membuatnya berkilau.

Melansir Healthshots, berikut ini 5 tips perawatan rambut ala Korea.

Pembersihan Ganda

Tips Perawatan Rambut ala Korea: Pembersihan Ganda. (Freepik.com)

 

Kita tahu keajaiban double cleansing atau pembersihan ganda untuk kulit dan sesuai dengan rutinitas perawatan rambut Korea, metode ini juga berguna untuk rambut.

Pembersihan pertama membantu menghilangkan minyak berlebih, penumpukan produk, dan kotoran dari kulit kepala, sedangkan pembersihan kedua memastikan bahwa rambut dan kulit kepala dibersihkan dengan benar. Metode ini memastikan bahwa rambut dan kulit kepala benar-benar bersih tanpa menghilangkan minyak alaminya.

Pijat Kulit Kepala

Tips Perawatan Rambut ala Korea: Pijat Kulit Kepala. (Freepik.com)

 

Selain meredakan stres dan ketegangan, pijat kulit kepala juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan oleh Eplasty mengungkapkan bahwa pijat kulit kepala secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel, sehingga menghasilkan rambut yang lebih tebal. Pijatan ini juga membantu mendistribusikan minyak alami secara merata, sehingga rambut menjadi lembap dan berkilau secara alami.

Masker Rambut

Tips Perawatan Rambut ala Korea: Masker Rambut. (Freepik.com)

 

Sama seperti masker wajah, masker rambut juga berfungsi untuk memberikan kondisioner mendalam pada rambut. Perawatan kondisioner mendalam merupakan bagian penting dari perawatan rambut Korea yang menutrisi dan menghidrasi rambut, yang membantu memperbaiki kerusakan dan menambah kilau.

Meskipun sudah ada banyak produk masker rambut yang tersedia di pasaran, bisa juga menyiapkannya sendiri di rumah. Gunakan bahan-bahan seperti pisang, madu, dan kuning telur. Silika dalam pisang dapat membuat rambut Anda lebih lembut dan berkilau dengan mengurangi kekeringan dan ketombe, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Avicenna Journal of Medical Biotechnology.

Bilas dengan Air Dingin

Tips Perawatan Rambut ala Korea: Bilas dengan Air Dingin. (Freepik.com)

 

Membilas rambut dengan air dingin merupakan trik perawatan rambut Korea yang terkenal. Setelah keramas dan menggunakan kondisioner, membilas rambut dengan air dingin dapat menutup kutikula, yang membantu menjaga kelembapan dan meningkatkan kilau rambut. 

Meskipun penelitian yang tersedia terbatas, air dingin selalu menjadi pilihan yang lebih baik daripada menggunakan air hangat atau panas untuk mencuci rambut.

Hindari Penataan Rambut dengan Alat Panas

Tips Perawatan Rambut ala Korea: Hindari Penataan Rambut dengan Alat Panas. (Freepik.com)

 

Penataan rambut memang menarik karena membuat rambut tampak cantik, tetapi justru dapat lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaatnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Annals of Dermatology menyatakan bahwa panas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan, yang menyebabkan rambut kering, bercabang, dan kusam. 

Untuk menghindari kerusakan ini dan menjaga kilau alami rambut, orang Korea lebih suka mengeringkan rambut secara alami atau menggunakan metode penataan rambut tanpa panas seperti mengepang atau memilin rambut basah untuk menciptakan gelombang alami.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel