1. Travel
  2. Biar Nggak Terburu-buru, Ini 5 Tips Mudah Saat di Bandara yang Traveler Harus Tahu
Travel

Biar Nggak Terburu-buru, Ini 5 Tips Mudah Saat di Bandara yang Traveler Harus Tahu

Biar Nggak Terburu-buru, Ini 5 Tips Mudah Saat di Bandara yang Traveler Harus Tahu

Traveler yang bersiap untuk liburan mendatang tidak diragukan lagi akan memilih liburan yang melibatkan perjalanan udara sehingga mengharuskan dirinya selalu berada di bandara. Namun, ada beberapa hal yang membuat bandara menjadi tempat yang membosankan. Antrian panjang untuk check-in, makanan yang mungkin terlalu mahal, dan ditambah dengan susunan papan nama yang terkadang membingunkan, dan banyak penyedia layanan yang terlihat mencari perhatian penumpang membuat rasa pusing yang cukup untuk para traveler. Kurang persiapan saat di bandara tentunya akan membuatmu kesal dan kapok di bandara. Nah, di bawah ini ada 5 tips mudah saat di bandara yang traveler harus tahu.

1. Check-in secara online

check in secara online
sumber: thebalance.com

 

Jika maskapai penerbanganmu menyediakan layanan check-in secara online, maka lakukanlah. Tentu, kamu mungkin masih harus menurunkan beberapa tas saat di bandara tapi kamu tidak perlu terburu-buru untuk ke loket check-in dan membuat proses jadi lebih mudah. Saat kamu melakukan check-in online, periksalah untuk melihat layanan online lain apa saja yang ditawarkan maskapai penerbanganmu. Mungkin ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan pemesanan taksi online dengan mudah, parker di sekitar bandara atau mendapatkan upgrade kursi yang tersedia sebelum ke terminal yang kamu tuju.

2. Selalu melihat jam

selalu melihat jam
sumber: websfavourites.com

 

Hindari terburu-buru saat di bandara dan berdebat dengan staf penerbangan karena kamu telat untuk mengonfirmasi waktu check-in penerbanganmu sebelum hari perjalananmu. Tentu, aka nada keadaan yang tak terhindarkan di mana waktu adalah keadaan darurat, tetapi ini seharusnya tidak menjadi kebiasaanmu. Beberapa maskapai penerbangan memiliki waktu dan persyaratan check-in yang berbeda, jadi pastikan kamu membaca informasi yang diberikan dan tahu jam berapa kamu perlu check-in di gate-mu. Jika kamu berpikir untuk berbelanja sebelum berangkat, beri waktu tambahan, tahu di mana gate-mu dan perhatikan jam untuk menghindari terlewatnya nama dan informasi penerbanganmu yang diumumkan secara singkat melalui system PA oleh staf bandara.

3. Siapkan ukuran bagasimu di rumah

siapkan ukuran bagasi dari rumah
sumber: youtube.com

 

Ketahui batas berat bagasi yang diberikan oleh maskapai penerbanganmu dan timbang tasmu di rumah. Kamu tidak hanya akan menyelamatkan diri dari tugas memalukan karena harus membongkar dan mengemas kembali pakaian dalammu di depan ruang check-in yang penuh dengan orang asing, kamu juga akan menghemat banyak uang tunai karena sebagian maskapai membebankan biaya bagasi tambahan. Sebagian besar keterlambatan dalam proses naik pesawat disebabkan oleh orang-orang yang berusaha membawa koper atau barang-barang besar yang tidak mudah masuk ke loker overhead atau di bawah kursi. Selain itu, maskapai penerbangan semakin menerapkan batas berat barang bawaannya dalam upaya mengurangi keterlambatan naik pesawat.

4. Bersiaplah untuk pemeriksaan keamanan

pemeriksaan keamanan
sumber: reddit.com

 

Melewati keamanan bisa menjadi sesuatu yang sulit tetapi jika dipersiapkan akan menjadi hal yang mudah. Ketahui apa yang perlu dikeluarkan dari tasmu terlebih dahulu (pikirkan laptop dan benda-benda digital lainnya), lepaskan sepatumu sebelum kamu melewati gate (ada beberapa sensor gerbang keamanan yang mengharuskan lepas sepatu), dan bersikap kooperatif jika ada pencarian orang hilang. Juga lihat nomor 3 di atas, semakin sedikit barang bawaan yang kamu miliki, semakin cepat kamu melewatinya.

5. Ketahui di mana gate keberangkatanmu

ketahui gate keberangkatanmu
sumber: independentwolf.com

 

Unduh peta bandara sebelum kamu meninggalkan rumah untuk menghindari berkeliaran naik turun mencari gate keberangkatanmu. Sebagian besar bandara akan memiliki peta lokasi tetapi jika kamu ragu, tanyakan anggota staf bandara di area check-in. Mengetahui di mana kamu harus berada ketika penerbanganmu dipanggil untuk naik pesawat berarti kamu juga dapat merencanakan beberapa perhentian strategis untuk berbelanja atau makan dulu di tengah perjalanan.

Itulah 5 tips mudah saat di bandara yang perlu traveler ketahui, jadi yuk persiapkan diri!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel