Berniat Berhenti Merokok? Trik Jenius Ini akan Membantumu Lepas dari Nikotin

Selasa, 25 Februari 2020 | 10:50:45

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Berniat Berhenti Merokok? Trik Jenius Ini Akan Membantumu Lepas Dari Nikotin

Menurut survey yang dilakukan oleh WHO (World Health Organization), ada sepuluh orang meninggal setiap menitnya akibat merokok. Selain itu, merokok meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung koroner.

Jika saat ini kamu atau orang terdekatmu memiliki keinginan untuk berhenti merokok, bisa dimulai dari sekarang. Tidak mudah, tapi bisa.  

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika serius ingin berhenti merokok adalah memberitahukan hal tersebut kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan atau teman dekat di kantor. Pasalnya, mereka dapat membantu dan mengingatkan jika kamu mulai goyah, dan juga menemani kamu melakukan kegiatan lain yang membuatmu lupa terhadap rokok. 

Bagaimana Caranya Berhenti Merokok?

Selama kamu sedang melakukan keinginan untuk dapat berhenti merokok, akan ada hari ketika semua yang sudah kamu lakukan dikalahkan oleh keinginan merokok yang begitu besar. Jangan menyerah. Ingat: berhenti merokok akan menjadi salah satu hal terbaik yang pernah kamu lakukan untuk diri sendiri. Jadi, tetaplah bertahan dan jangan goyah. 

Apa Saja Langkah Praktis untuk Berhenti Merokok? 

Hindari Rokok dari Sekarang 

Tuliskanlah hal yang membuat kamu ingin berhenti dari merokok dan bagaimana kamu dapat mengatur keinginan untuk tidak merokok. Hindari orang, tempat, atau rutinitas yang biasanya membuat kamu ingin merokok, terutama selama tiga bulan pertama. Soalnya, tiga bulan pertama adalah masa terberat karena keinginan dan godaan masih luar biasa besar untuk mengisap rokok.

Minta Dukungan dari Orang-orang Sekitar 

Kamu mungkin akan merasa mudah tersinggung, tertekan, lambat, dan lelah, saat berada di dalam periode ini. Oleh karenanya, miliki dukungan berhenti dari orang-orang tersayang. Dengan dukungan dari mereka, hari-hari tanpa rokok akan terasa lebih mudah dilalui. 

Kunyah Permen Karet 

Setiap kali kamu tidak merokok ini berarti kesempatan kamu untuk bisa berhasil hidup rokok menjadi lebih besar. Jika bibir terasa gatal dan asam, coba kunyah permen karet. Atau, mainkan game di ponsel kamu untuk mengalihkan perhatian. 

Coba Hobi Baru

Lakukan sesuatu yang membuat kamu lebih aktif untuk dapat mengurangi stres, seperti berjalan dengan hewan kesayangan, olahraga, mengunjungi tempat-tempat baru. Hal ini akan membuat keberhasilan kamu untuk berhenti merokok jauh lebih besar.

Berikan Hadiah kepada Diri Sendiri

Satu hal yang pasti: usaha untuk berhenti merokok membutuhkan komitmen dan waktu. Dan apa yang kamu lakukan ini adalah sesuatu yang besar. Sejarah baru dalam hidup. Ketika kamu berhasil mewujudkannya, berikan reward kepada diri sendiri, milsalnya dengan memanjakan diri sendiri dengan menikmati sesuatu yang kamu suka. 

Ohya, bila merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, kamu dapat mencoba Nicotine Replacement Therapy atau NRT. Program ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, yaitu 50 hingga 70 persen. Berkonsultasilah dengan dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan terapi tersebut.

Itu tadi beberapa trik praktis untuk membantu kamu yang ingin berhenti merokok. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya! 

Sumber foto utama: freepik.com/ nensuria