Benarkah Minyak Jarak Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Rambut? Ini Kata Ahli!

Rabu, 26 Juni 2024 | 12:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Benarkah Minyak Jarak Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Rambut? Ini Kata Ahli!

Penggunaan Minyak Jarak Untuk Pertumbuhan Rambut. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Minyak jarak diketahui memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan rambut. Minyak ini sipercaya memiliki khasiat untuk rambut, seperti menumbuhkan kembali rambut yang menipis dan mengurangi kerontokan rambut.

Melansir CNN, menurut seorang dokter kulit bersertifikat di New York City, Dr. Joshua Zeichner menjelaskan bahwa minyak jarak mengandung asam risinoleat, antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kolagen dan kerutan.

Sejalan dengan hal tersebut, dokter kulit lainnya, Marisa Garshick menambahkan bahwa selain antioksidan dan asam lemak, minyak jarak juga kaya akan protein dan nutrisi bermanfaat lainnya.

“Minyak jarak mengandung asam risinoleat, sejenis asam lemak, yang dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan kemudian membuat rambut lebih sehat dan kuat, namun tidak ada bukti konklusif bahwa minyak jarak dapat mendorong pertumbuhan kembali rambut,” jelas Marisa Garshick.

“Namun, secara anekdot, orang-orang telah merasakan adanya perbaikan, dan karena ia memiliki sifat antimikroba dan antijamur serta membantu memperkuat rambut dan menutrisi kulit kepala, hal ini mendorong lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan kembali rambut,” sambungnya.

Penggunaan Minyak Jarak Untuk Pertumbuhan Rambut. (Freepik.com)

 

Meski begitu, ternyata minyak jarak tidaklah cocok dengan semua jenis kulit. Pada beberapa orang, minyak jarak bisa menjadi sangat sensitif sehingga dapat menyebabkan iritasi.

“Ada beberapa reaksi alergi terhadap minyak jarak, yang mungkin menyebabkan kemungkinan terkena dermatitis alergi,” kata Marisa Garshick. 

“Mencuci rambut dengan minyak jarak secara berlebihan dan tidak tepat juga dapat menyebabkan penumpukan minyak jarak, yang juga dapat menyebabkan iritasi dan jerawat,” lanjut Marisa Garshick.

Maka dari itu, untuk mengetahui cocok atau tidaknya dengan minyak jarak, lakukanlah uji tempel terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum menggunakannya pada seluruh kulit kepala.