1. Lifestyle
  2. Begini Cara Perbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan, Hanya 5 Langkah!
Lifestyle

Begini Cara Perbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan, Hanya 5 Langkah!

Begini Cara Perbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan, Hanya 5 Langkah!

Ilustrasi Tidur. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu kini lebih sering mengalami waktu tidur yang bermasalah? Jika iya, maka kamu perlu menyimak pembahasan mengenai cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan kali ini. Sebab, akan ada lima langkah mudah yang bisa kamu langsung praktekan mulai hari ini. 

Ketika kecil kamu tentu ingat, rasanya sangat mudah untuk tertidur bukan? Bahkan, tidur siang menjadi hal yang sangat penting untuk mengembalikan energi. Namun, ketika dewasa waktu tidur justru menjadi berantakan dan kamu pun merasa kelelahan dari hari ke hari. 

Alhasil, banyak masalah yang timbul. Misal, kehilangan konsentrasi, kelelahan yang berlebihan, stres hingga kesehatan yang menurut. Tentunya, hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus kan? 

Nah, karena pada kesempatan kali ini telah dirangkum khusus untuk kamu. Inilah deretan cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan. Hanya lima langkah mudah lho!

Berhenti Memainkan Ponsel

Ilustrasi Bermain Ponsel sebelum Tidur. (iStock)

 

Hal yang pertama dalam cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan adalah dengan berhenti memainkan ponsel 1 jam sebelum tidur. Apakah kamu masih sering melakukannya?

Kebiasan buruk satu ini sayangnya sangat populer dilakukan masyarakat. Terkadang, beberapa orang berpikiran sembari menunggu rasa kantuk muncul memainkan handphone menjadi solusi terbaik. 

Tak jarang, tanpa sadar scrolling media sosial atau menonton youtube bisa dilakukan hingga berjam-jam kemudian. Akhirnya, jam tidur yang seharusnya 7 jam penuh terus berkurang. Sebab, di pagi hari kamu sudah memiliki segudang kegiatan yang harus dilakukan. 

Oleh karena berhenti memainkan handphone adalah solusi terbaik. Sebab, dapat membantu mencegah cahaya biru yang mengaktifkan otak dan kortisol di waktu yang seharusnya untuk beristirahat atau santai.

Buatlah Kondisi Kamar yang Nyaman

 

desain minimalis sederhana (decorin.com)

 

Kemudian, membuat kondisi kamar tidur yang nyaman juga bisa membantumu dalam ha ini. Buatlah suasana kamar yang menenangkan dan menyenangkan sesuai keinginanmu. 

Pisahkanlah tempat tidur dengan tempat bekerja. Sehingga, membuatmu lebih fokus dan bersiap tidur dengan tenang. Hindari  barang seperti laptop atau tumpukan file kerja di dalam kamar. 

Banyak ahli menyarankan untuk membuat area terpidat untuk kamu bekerja dan tidur. Jadikan ruangan tidur yang sejuk, gelap, tenang dan nyaman. Gunakan sprei yang lembut dan sirkulasi udara yang baik di kamar. Alhasil, tidur pun menjadi lebih berkualitas dan nyenyak.

Hindari Minuman Alkohol atau Kafein

Ilustrasi menolak minum alkohol. (Special)

 

Berikutnya, ada pula cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan dengan menghindari minuman alkohol atau kafein. Bagi kamu yang kerap bekerja di pagi hari. Terkadang kopi menjadi pilihan yang menarik bukan?

Sebab, kafein di dalamnya dapat membantumu senantiasa terjaga dan fokus saat bekerja. Namun, dalam cara ini kamu perlu mebatasinya. Dianjurkan untuk megidari minum kopi 8 jam sebelum dr. 

Selain itu, minuman seperti alkohol juga sangat disarankan untuk dihindari. Khususnya tiga jam sebelum waktu tidur. Sehingga, waktu tidurmu pun tetap terjaga dan jadwalnya terlalu bebas dari berantakan. 

Mulailah Olahraga Ringan

Olaraga Ringan Untuk Bakar Lemak. (Special)

 

Jika kamu ingin mendapatkan sensai tidur yang lebih lelap. Maka, melakukan olahraga ringan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Misalnya, melalui lari di sore hari atau sekedar bersepeda dapat membantumu membuang energi. Sehingga, ketika malam menjelang tubuh menjadi lelah dan memerlukan waktu tidur. 

Selain itu, kamu juga bisa dengan sekedar melakukan stretching diatas kasur sebelum tidur. Hal sebut juga terbilang efektif untuk membantu tidur sesuai jadwal dan teratur. Sebab, baik olahraga maupun tidur nyenyak memiliki hubungan kuat yang baik bagi tubuh. 

Lakukan Secara Konsisten

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

 

Cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan terakhir adalah dengan melakukan cara di atas secara konsisten. Jika kamu ingin memiliki jadwal tidur yang teratur dan juga kualitas tetap terjaga.

Maka, jawabannya adalah melakukan cara-cara di atas dengan konsisten. Sehingga, tubuh dan pikiran akan senantiasa terbiasa dan secara otomatis bekerja sesuai waktu yang sudah sebelumnya kamu tentukan. 

Sebab, kebiasaan ini akan menjaga ritme sirkadian dan membantumu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Lakukan minimal selama satu minggu secara konsisten. Selalu lakukan baik di hari biasa maupun akhir pekan. Maka, kamu akan merasakan efek yang luar biasa. Tubuh pun mandi lebih sehat dan bugar. Selamat mencoba!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel