1. Health
  2. Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) Yang Bisa Kamu Lakukan
Health

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) Yang Bisa Kamu Lakukan

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) Yang Bisa Kamu Lakukan

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan menjadi sulit mengantuk atau tertidur. Kondisi ini bisa bersifat jangka pendek (akut) atau bisa bertahan lama (kronis), atau mungkin juga datang dan pergi. Insomnia akut berlangsung dari 1 malam hingga beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis ketika terjadi setidaknya 3 malam seminggu selama 3 bulan atau lebih.

Insomnia juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Insomnia primer berarti masalah tidurmu tidak terkait dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya. Sedangkan insomnia sekunder, kesulitan tidurmu diakibatkan karena kondisi kesehatan (seperti asma, depresi, radang sendi, hingga kanker.

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Penyebab Susah Tidur atau Insomnia

Berikut beberapa penyebab susah tidur atau insomnia:

Follow our
media updates!
  • Stres terkait dengan peristiwa besar dalam kehidupan, seperti perubahan yang baru dan secara tiba-tiba.
  • Kebisingan dan suhu.
  • Perubahan jadwal tidur, seperti jet lag atau shift baru di tempat kerja.
  • Masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.
  • Obat flu, alergi, depresi, tekanan darah tinggi, dan asma.
  • Penggunaan kafein, tembakau, atau alkohol.
  • Makan yang tidak sehat dan tidak teratur.

Berikut beberapa cara mengatasi susah tidur (insomnia) yang bisa kamu lakukan, antara lain :

  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan kamu sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan mengganggu kenyenyakan tidur kamu.
  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulkan suara, pastikan kamu nyaman dengan suhu ruangan tidur kamu. Jauhkan jam meja dari pkamungan kamu karena benda itu dapat membuat kamu cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  • Gunakanlah tempat tidur kamu khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh kamu menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat kamu berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur kamu selanjutnya.
  • Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kamu terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan kamu terjaga yang tentu saja tidak kamu perlukan bila kamu ingin tidur
  • Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  • Berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan kamu menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

Ingatlah selalu bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Dengan waktu tidur yang cukup, maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari dari pagi hingga malam.  

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel