Banyak Manfaat, Ketahui Dampak Baik Rendam Wajah ke Air Es Setiap Pagi

Senin, 12 Februari 2024 | 11:20:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Banyak Manfaat, Ketahui Dampak Baik Rendam Wajah Ke Air Es Setiap Pagi

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Merendam wajah ke dalam air dingin atau air dengan es batu diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kulit wajah. Terutama jika hal ini dijadikan rutinitas setiap pagi.

Air dingin diklaim mampu mengencangkan dan membatasi aliran darah, sehingga kulit wajah terlihat lebih bercahaya dan sehat. Berbeda dengan air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan sebum menjadi kering. Lapisan ini bekerja sebagai pelindung alami kulit.

Dilansir dari Times of India Online, berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan merendam wajah dalam air dingin atau air dengan es batu.

Kencangkan Pori-Pori

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Suhu dingin menyebabkan kulit berkontraksi yang dapat mengencangkan pori-pori untuk sementara.

Hal ini dapat membuat kulit terlihat lebih lembut dan halus, menjadikannya teknik yang populer bagi mereka yang memiliki pori-pori besar atau kulit berminyak.

Tenangkan Peradangan

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Es memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan kemerahan, iritasi, dan peradangan pada kulit.

Jika kamu memiliki kondisi seperti jerawat, rosacea, atau sengatan matahari, mengoleskan es dapat meredakan dan mengurangi munculnya kemerahan.

Kurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi bengkak. Es juga mampu membuat area bawah mata terlihat lebih cerah dan segar.

Beri Energi pada Kulit

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Kejutan air dingin atau es pada kulit dapat memberikan efek menyegarkan, membangunkan indera dan memberikan dorongan energi alami. Ini dapat membantumu merasa lebih waspada dan segar di pagi hari.

Tingkatkan Penyerapan Produk

Ilustrasi Es Batu pada Wajah. (Freepik.com)

Kulit dingin cenderung menyerap produk perawatan kulit lebih efektif. Cobalah oleskan es ke wajah sebelum menggunakan serum, pelembab, atau perawatan lainnya, agar kamu dapat meningkatkan penetrasi dan efektivitasnya.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa meskipun perawatan dengan es menawarkan berbagai manfaat, perawatan tersebut mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif atau kondisi medis tertentu.

Maka, berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kesehatan sebelum memasukkan rutinitas perawatan kulit baru ke dalam rutinitasmu adalah ide yang baik.

Selain itu, penting untuk menggunakan es atau air dingin dengan aman untuk menghindari kerusakan kulit, seperti dengan membungkus es batu dengan kain lembut sebelum mengoleskannya ke kulit dan membatasi durasi paparan.