1. Health
  2. Banyak Makan Sayur dan Buah Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung? Cek Faktanya!
Health

Banyak Makan Sayur dan Buah Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung? Cek Faktanya!

Banyak Makan Sayur dan Buah Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung? Cek Faktanya!

Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sayur dan buah tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berbagai kajian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup, dapat membantu menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol darah. Selain itu, mengonsumi sayur dan buah juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan ginjal.

Dr. Donald Wesson, profesor di departemen penyakit dalam di Dell Medical School di Universitas Texas di Austin, mengungkapkan bahwa produk hewani, terutama daging cenderung menghasilkan asam. Sementara sayur dan buah menghasilkan basa ketika dikonsumsi.

“Pasien dengan tekanan darah tinggi, dua masalah besar yang mereka alami adalah penyakit jantung dan ginjal,” ungkap Wesson.

“Studi ini menguji apakah mengurangi jumlah asam dalam makanan kita mengurangi komplikasi tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan penyakit ginjal dan jantung,” katanya.

Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung. (Freepik.com)

 

Untuk mengeksplorasi bagaimana tanaman dapat membantu, para peneliti melakukan uji coba kontrol secara acak terhadap 153 orang dengan hipertensi dan risiko tinggi memperburuk penyakit ginjal kronis, menurut penelitian yang diterbitkan Selasa di American Journal of Medicine.

Follow our
media updates!

Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok: satu kelompok yang menambahkan 2 hingga 4 cangkir buah dan sayuran ke dalam makanan mereka, kelompok yang menambahkan dua dosis harian (empat atau lima tablet 650 miligram) soda kue, dan kelompok yang dilanjutkan dengan pengobatan standar. peduli. Soda kue mengurangi asam, kata penelitian tersebut.

Setelah lima tahun melakukan penelitian, para peneliti menemukan bahwa pola makan yang lebih tinggi tumbuhan dan soda kue meningkatkan kesehatan ginjal, namun hanya buah-buahan dan sayur-sayuran yang juga meningkatkan kesehatan jantun.

“Kesimpulan kami adalah pola makan tinggi buah-buahan dan sayur-sayuran harus menjadi bagian dasar dalam penanganan pasien yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi,” jelas Wesson.

“Kami sudah mengetahui hal ini sejak lama, namun ada baiknya jika kita mengurangi penyakit ginjal dan menambah manfaatnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, American Heart Association merekomendasikan empat hingga lima porsi buah dan sayuran sehari, dan satu porsinya seperti lima hingga delapan kuntum brokoli, satu pisang, 1 cangkir sayuran berdaun hijau mentah, atau empat stroberi berukuran besar.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel