Bantu Kulit Wajah Jadi Lembap dan Sehat, Ketahui Manfaat dari Gliserin

Selasa, 2 Juli 2024 | 16:10:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bantu Kulit Wajah Jadi Lembap Dan Sehat, Ketahui Manfaat Dari Gliserin

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kandungan glycerin dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi sehat dan lembap, biasanya glycerin terkandung dalam hydrating toner. Glycerin merupakan bahan pelembap yang dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah, tangan kering, dan tumit pecah-pecah.

Melansir Healtshots, menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, glycerol menghidrasi kulit, membuatnya kenyal, dan mengembalikan pelindung alami kulit agar terlihat sehat.

Berikut beberapa manfaat glycerin bagi kulit wajah.

Lembapkan Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

 

Gliserin berperan sebagai humektan, yaitu zat yang menyerap kelembapan dari lapisan terdalam kulit dan lingkungan untuk menjaga wajah tetap halus dan cantik. Menurut studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam Scientific Reports, para peneliti menguji berbagai cara untuk mengukur seberapa baik larutan gliserin menahan kelembapan. 

Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak gliserin dalam larutan, semakin baik pula dalam menjaga kelembapan. Ini juga mencegah kekeringan, pengelupasan, dan kerutan halus yang terjadi karena dehidrasi.

Lindungi Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

 

Kulit yang sehat adalah tentang memiliki pelindung yang kuat. Gliserin memperkuat penghalang ini dengan meningkatkan produksi lipid dan protein penting. Ini melindungi wajah Anda dari iritasi dan kerusakan lingkungan, seperti yang ditemukan dalam penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology.

Anti Inflamasi

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

 

Gliserin dipercaya mampu mengatasi kulit wajah yang kering dan gatal, pasalnya gliserin memiliki efek antiinflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan meredakan iritasi, sehingga ideal untuk penyakit kulit sensitif seperti eksim atau psoriasis.

Sembuhkan Luka

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

 

Gliserin dapat membantu dalam proses menyembuhkan luka, hal ini dapat meningkatkan pergantian dan regenerasi sel yang memungkinkan kulit akan memperbaiki jaringannya sendiri dengan lebih efektif.

Anti Penuaan

Ilustrasi Kulit Wajah Perempuan. (Freepik.com)

 

Gliserin diyakini mampu membantu mencegah adanya kerutan pada wajah. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, akan mengencangkan kulit dengan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Tak hanya itu, fungsi sel kulit yang sehat, bisa berkontribusi terhadap cahaya awet muda.