Bantu Anak Berpuasa Selama Ramadan, Yuk Terapkan Hal Ini!

Kamis, 14 Maret 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bantu Anak Berpuasa Selama Ramadan, Yuk Terapkan Hal Ini!

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Puasa di bulan suci Ramadan merupakan hal yang wajib dilakukan bagi seluruh umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib puasa. Namun, anak-anak tidak diwajibkan berpuasa sampai mereka mencapai pubertas.

Meski begitu, tak ada salahnya untuk mengajari anak untuk berpuasa sejak dini. Orang tua dapat mendorong anak-anak untuk mengalamkan iman mereka dan berpuasa dengan cara yang sehat dan sesuai usia kapan saja setelah mereka siap.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu anak menjalani puasa.

Pastikan Anak Sudah Siap

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Orang tua perlu memastikan bahwa anak telah siap dan mau mulai belajar berpuasa. Banyak anak yang mulai bereksperimen dengan puasa pada usia 6 atau 7 tahun, namun usia ini tak bisa disamakan untuk semua anak.
Mengajari anak puasa merupakan sesuatu yang seharusnya menjadi menyenangkan, jadi sang anak harus terlebih dahulu merasa siap secara fisik dan mau untuk mempelajari puasa.

Bantu Anak Berlatih

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Cara terbaik bagi anak untuk belajar berpuasa adalah dengan mencobanya sendiri. Ketika seorang anak mulai mempraktikkan puasa, mereka akan belajar bagaimana rasanya dan mulai mengetahui apa yang diharapkan ketika puasa Ramadan pertama mereka tiba.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa anak hanyalah seorang anak, jadi orang tua harus bersabar terhadap mereka dan pastikan untuk terus mendukung mereka selama proses ini.

Melatih anak berpuasa bisa dilakukan dengan mulai berpuasa beberapa jam saja sebelum berpuasa satu hari penuh atau dengan membiasakan mengajak anak untuk bangun sahur.

Ajari Anak Tentang Keutamaan Puasa Ramadan

 

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Mengetahui alasan kita berpuasa di bulan Ramadan sama pentingnya dengan tindakan itu sendiri karena niat kita harus selaras dengan tindakan kita. 

Mengajari anak-anak tentang keutamaan puasa dan alasan kita menjalankannya selama bulan suci akan memberi mereka pemahaman yang baik tentang puasa dan memotivasi mereka untuk mulai berpuasa karena perintah agama.

Jadi Panutan yang Baik

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Anak-anak biasanya akan mencontoh orang tua atau orang dewasa yang berada di sekitarnya. Anak-anak akan mempelajari berbagai hal dengan mencontoh dari apa yang mereka lihat.

Tunjukkan kepada anak bagaimana cara berpuasa, dan tunjukkan kepada mereka mengapa harus berpartisipasi dalam hal ini selama bulan Ramadan.

Makan Makanan Enak Saat Sahur

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Memberi anak makanan sahur yang enak dan disukainya Aakan membantu mereka lebih mudah menjalankan upaya puasanya. Memastikan mereka mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin dan protein yang tepat akan memastikan bahwa mereka mendapatkan semua energi yang mereka butuhkan.