1. Fashion
  2. Bakal Segera Digelar, JMFW 2024 Diharapkan Akan Menjadi Trend Fashion Muslim Dunia
Fashion

Bakal Segera Digelar, JMFW 2024 Diharapkan Akan Menjadi Trend Fashion Muslim Dunia

Bakal Segera Digelar, JMFW 2024 Diharapkan Akan Menjadi Trend Fashion Muslim Dunia

Pagelaran busana muslim Indonesia. (Spesial)

Ladiestory.id - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan populasi manusia beragama islam terbanyak. Dengan itu, busana muslim bukan lah hal yang asing dan telah menjadi kebutuhan.

Melihat hal itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, melihat hal tersebut sebagai potensi dengan menggelar Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, produk modest fashion menyumbang 3,5% terhadap ekspor nonmigas Indonesia. Di tahun tersebut, ekspor produk modest fashion Indonesia tumbuh 12,6% dibanding tahun 2021.

Tren ekspor produk modest fashion selama lima tahun terakhir (2018-2022) juga tercatat positif 2,6%. Selain itu, konsumsi modest fashion dunia diproyeksikan meningkat 6,1% dalam lima tahun hingga mencapai USD 375 miliar pada 2025.

JMFW sendiri merupakan ajang untuk menampilkan fashion muslim terbaik di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi tren modest fashion muslim dunia.

Melihat dari perhelatan JMFW 2023 yang sukses menggandeng 144 desainer, JMFW 2024 ingin menunjukkan kemampuan lebihnya.

Peluncuran JMFW 2024. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Hal itu diungkapkan oleh Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan (Mendag), lewat JMFW 2024, masyarakat diharrapkan bisa melihat secara langsung modest fashion Indonesia yang luar biasa. Baik dari sisi desain, keragaman corak, serta warna dan budaya yang melatarbelakangi.

“Penyelenggaraan JMFW tahun ini sekaligus merupakan salah satu program prioritas pemerintah sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan modest fashion Indonesia di kancah global," kata Mendag Zulkifli Hasan, dalam peluncuran JMFW 2024 di kawasan Jakarta Pusat, pada Jumat (23/6/2023).

Selain itu, adanya JMFW, bisa menjadi ajang jejaring kerja sama antara industri modest fashion dengan industri terkait di dalam dan luar negeri. Serta tentunya dengan buyer internasional.

“Saya optimis, dengan segala upaya yang kita lakukan bersama-sama ditunjang dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia yang dimiliki, modest fashion Indonesia tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tetapi juga dapat menguasai pasar global,” ucap Zulkifli Hasan.

JMFW 2024 akan digelar pada 19-21 Oktober 2023 mendatang di ICE BSD, Tangerang. Di puncak acara nantinya akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang (trade show), dan penjajakan bisnis (business matching).

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel