1. Health
  2. Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Manfaat Konsumsi Susu Kedelai
Health

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Manfaat Konsumsi Susu Kedelai

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Manfaat Konsumsi Susu Kedelai

Susu Kedelai. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Susu kedelai merupakan minuman bergizi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini adalah pilihan populer di kalangan orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa, vegan, atau untuk sekadar mencari pilihan minuman yang lebih sehat.

Susu kedelai memiliki sedikit rasa kacang dan dapat digunakan dalam berbagai resep seperti smoothie, kopi, dan makanan panggang.

Melansir Healthshots, berikut ini beberapa manfaat potensial dari susu kedelai.

Kaya Nutrisi

Manfaat Susu Kedelai: Kaya Nutrisi. (Freepik.com)

 

Susu kedelai merupakan minuman kaya nutrisi yang menawarkan berbagai vitamin dan mineral penting. Susu kedelai secara alami memiliki kandungan protein yang tinggi, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan. 

Selain itu, susu kedelai merupakan sumber lemak sehat yang baik, termasuk asam lemak omega-3, yang dapat mendukung kesehatan jantung. Banyak produk kedelai yang diperkaya dengan vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B12, sehingga menjadikannya pilihan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Susu Kedelai: Baik Untuk Kesehatan Jantung. (Freepik.com)

 

Susu kedelai dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan isoflavonnya. Isoflavon adalah senyawa berbasis tanaman yang meniru struktur estrogen, hormon yang berperan dalam kesehatan jantung. 

Follow our
media updates!

Selain itu, susu kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat Susu Kedelai: Bantu Turunkan Berat Badan. (Freepik.com)

 

Susu kedelai dapat membantu mengelola berat badan karena kandungan proteinnya. Protein adalah nutrisi yang membantu merasa kenyang dan puas untuk waktu yang lebih lama, mengurangi keinginan makan dan makan berlebihan. Selain itu, susu kedelai rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga menjadi alternatif yang lebih sehat daripada minuman lain.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association, ditemukan bahwa susu kedelai dan susu skim memiliki jumlah protein yang sama dan membantu orang menurunkan berat badan, lemak tubuh, dan lemak perut. Ini adalah kabar baik bagi para vegan dan orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi produk susu. 

Bantu Pencernaan

Manfaat Susu Kedelai: Bantu Pencernaan. (Freepik.com)

 

Susu kedelai lebih mudah dicerna daripada susu sapi bagi sebagian orang. Hal ini karena susu kedelai tidak mengandung laktosa, gula yang ditemukan dalam susu sapi yang dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa. Selain itu, protein dalam susu kedelai sering dipecah menjadi peptida yang lebih kecil selama pemrosesan, sehingga lebih mudah dicerna bagi sebagian orang.

Dukung Kesehatan Tulang

Manfaat Susu Kedelai: Dukung Kesehatan Tulang. (Freepik.com)

 

Bila difortifikasi dengan kalsium dan vitamin D, susu kedelai dapat berkontribusi pada tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang, dan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Kedua nutrisi ini penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel