1. Lifestyle
  2. Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Yang Minimalis Saat Pandemi
Lifestyle

Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Yang Minimalis Saat Pandemi

Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Yang Minimalis Saat Pandemi

Di zaman yang serba modern ini, tentu saja akan semakin banyak barang dan keperluan lainnya yang menawarkan banyak pilihan untuk dibeli. Namun terkadang, banyak orang membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka atau hanya sekedar memuaskan keinginan sesaat. Seiring berjalannya waktu, barang yang sudah dibeli dan tidak terpakai itu hanya akan menjadi pajangan saja. Hal ini dikarenakan kamu tidak benar-benar membutuhkan barang tersebut. 

Jika sudah begitu, penting untuk kamu memulai gaya hidup yang minimalis. Menjalani gaya hidup minimalis ada dengan membeli dan memakai barang yang hanya dibutuhkan saja serta berusaha menahan keinginan untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan keperluan pribadi. Hidupmu juga akan lebih bahagia dan tidak mengalami penyesalan dikemudian harinya akibat menghabiskan waktu dan uang dengan barang yang tidak sesuai dengan keperluan. Nah berikut lima alasan mengapa kamu bisa bahagia dengan gaya hidup yang minimalis apalagi kita semua sedang dihadapkan pada pandemi covid-19. Yuk simak di bawah ini!

Apa itu konsep hidup minimalis?

Hidup Secara Minimalis. Hidup minimalis, bukan berarti kamu harus hidup dengan hanya memiliki kurang dari 100 barang, tidak memiliki rumah, mobil, baju, dan hidup apa adanya. Minimalis dalam konsep kehidupan bukan berarti batasan atau larangan untuk memiliki barang atau hal material yang kamu ingin miliki.
 

Kenapa harus hidup minimalis?

 Gaya hidup minimalis baik untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis manusia. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, sebenarnya kamu menciptakan ruangan kosong yang baru. Ruang tersebut membuat kamu terbebas dari perasaan klaustrofobik dan memungkinkan kamu untuk bernafas lebih lepas.

Memulai gaya hidup minimalis

Kapan harus memulai gaya hidup minimalis? Sekarang. Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan untuk memulai menerapkan gaya hidup minimalis.

  • Berhenti belanja

Apa yang mendorong kamu untuk membeli suatu barang? Diskon atau memang kamu benar-benar membutuhkannya? Jebakan konsumerisme sering kali datang tanpa disadari. Ketika berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, kamu mungkin tidak berniat untuk berbelanja. Namun, saat melihat adanya diskon pada barang yang diinginkan, tanpa pikir panjang kamu langsung membelinya. Ini berarti kamu masuk dalam jebakannya.

Berhentilah belanja atau membeli barang-barang yang tidak perlu. Berbelanja hanya untuk barang-barang yang dibutuhkan saja. Untuk itu, kamu harus menghentikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kebiasaan berbelanja. Ibarat memperbaiki kebocoran, matikan keran terlebih dahulu.

Follow our
media updates!
  • Membeli barang berkualitas tinggi

Tahukah kamu bahwa membeli barang berkualitas tinggi merupakan investasi? Ketika kamu membeli barang dengan kualitas tinggi, meski harganya lebih mahal namun sebenarnya kamu sedang menghemat uang dan waktu. Barang berkualitas tinggi tentu akan lebih awet saat digunakan sehingga tidak mudah rusak. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pembelian ulang untuk jenis barang yang sama.

  • Bersyukur atas apa yang sudah dimiliki

Secara prinsip hidup minimalis adalah tentang pencarian kepuasan, di mana kepuasan timbul dengan adanya rasa syukur atas apa yang telah dimiliki. Kemampuan bersyukur ini akan mampu menepis keinginan untuk memiliki segala sesuatu dalam kuantitas yang lebih banyak.

Dengan hidup minimalis, kamu akan lebih merasa nyaman dengan gaya hidupmu sendiri  yang memang sesuai dengan kebutuhan dan style kamu sendiri. Kamu bisa bebas memakai pakaian yang nyaman, bebas menyantap makanan kesukaanmu dan memakai kendaraan yang memang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa perlu mengikuti gaya hidup orang lain.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel