1. Health
  2. Atasi Penuaan Dini, Yuk Ketahui Manfaat Argan Oil Untuk Wajah
Health

Atasi Penuaan Dini, Yuk Ketahui Manfaat Argan Oil Untuk Wajah

Atasi Penuaan Dini, Yuk Ketahui Manfaat Argan Oil Untuk Wajah

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Argan oil atau minyak argan, berasal dari biji pohon argan (Argania Spinosa), yang kaya akan nutrisi penting, seperti asam lemak, dan antioksidan. Minyak ini sering dijuluki sebagai ‘emas cair’, yang tak hanya dapat melembutkan rambut, tetapi juga bisa menyehatkan kulit.

Berakar di Maroko, minyak ini dpercaya dapat melembapkan kulit secara mendalam dan memberikan lebih banyak manfaat lainnya. Berkat khasiatnya yang bisa menutrisi sekaligus melembapkan, minyak ini banyak sekali digunakan di seluruh dunia, bahkan menjadi bahan pokok dalam ritual kecantikan di Maroko.

Melansir Healthshots, berikut ini manfaat argan oil bagi kulit.

Pelembap yang Mendalam

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

 

Minyak argan kaya akan Vitamin E dan asam lemak seperti asam oleat dan linoleat, yang dapat menghidrasi kulit secara mendalam tanpa membuatnya berminyak. Hal ini membuat minyak argan ideal untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, karena dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum.

Lawan Penuaan Dini

 

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2017, minyak argan dapat membantu memperbaiki kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan bila dioleskan langsung ke kulit. 

Antioksidan dalam minyak argan, khususnya Vitamin E, dapat membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Menggunakan minyak argan secara teratur dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta membuat kulit tampak bercahaya.

Kurangi Peradangan Pada Kulit

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

 

Mengoleskan minyak argan dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera atau infeksi kulit. Minyak argan memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan, yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi, dan mengurangi kemerahan. Minyak ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka kecil, luka bakar, dan bekas luka.

Tingkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

 

Saponin dan asam lemak yang terdapat dalam minyak argan dapat membantu mengembalikan elastisitas alami kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan berisi. Hal ini harus dilakukan oleh orang-orang dengan kulit dewasa, karena mereka cenderung memiliki masalah dengan elastisitas kulit.

Lindungi dari Sinar UV

Manfaat Minyak Argan Bagi Kulit. (Freepik.com)

 

Minyak argan mengandung asam lemak dan karotenoid yang dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Evidence-based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013. Minyak argan membentuk lapisan pelindung pada kulit, melindunginya dari sinar UV yang berbahaya dan polusi. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh faktor-faktor ini.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel