1. Health
  2. Atasi Masalah Kesuburan, 5 Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan
Health

Atasi Masalah Kesuburan, 5 Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Atasi Masalah Kesuburan, 5 Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Ilustrasi buah tin. (Special)

Ladiestory.id - Buah tin atau memiliki nama lain buah ara merupakan salah satu jenis buah yang berasl dari Asia Barat. Buah tin memiliki rasa manis yang unik, tekstur lembut, dan kenyal. Buah tin memiliki biji penuh di dalamnya yang sedikit renyah dan dapat dimakan.  Mungkin masih banyak orang yang asing dengan buah satu ini.

Namun bagi beberapa umat muslim, buah ini sudah tidak asing lagi. Pasalnya, buah tin menjadi salah satu nama surat dalam Al-Qur’an yaitu surat At-Tin. Buah berwarna ungu ini memang jarang dikonsumsi. Hal itu dikarenakan tidak semua pasar ataupun supermarket menjual buah yang satu ini.

Meski begitu, Kamu dapat mencoba buah tin dan mengonsumsinya secara rutin. Buah tin mengandung segundang manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari buah tin.

Pencernaan Sehat

Masalah Pencernaan. (Special)

Salah satu manfaat buah tin yakni menyehatkan pencernaan. Pasalnya, dalam buah tin mengandung serat dan zat pektin sehingga membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Buah tin dapat mencegah risiko berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan kronis seperti IBS (irritable bowel syndrome). Pasalnya serat dalam buah tin mampu melunakkan feses sehingga mengurangi sembelit.

Selain itu zat pektin yang terkandung dalam buah tin mampu meningkatkan kerja usus sekaligus mengurangi nyeri perut. Kandungan tersebut berfungsi sebagai prebiotik sehat untuk usus Dari kandungan dan manfaat itulah, kerap kali menjadikan buah tin sebagai satu menu untuk diet.

Membantu Kendalikan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Jarang diketahui banyak orang, buah tin menjadi salah satu sumber serat yang baik. Dilansir berbagai sumber, banyak penelitian yang menemukan bahwa buah tin dapat membantu mengendalikan berat badan karena makanan ini berserat tinggi dan memiliki dampak positif.

Dalam penelitian tersebut dikatakan, diet kaya serat seperti buah tin dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan. Pasalnya, makanan yang memiliki serat tinggi dapat membuat seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Sehingga, itulah alasannya mengapa buah tin kerap dijadikan salah satu menu untuk diet, seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya. Buah tin juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Manfaat dari buah tin selanjutnya yakni meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung. Buah ini dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah. Dimana kondisi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir berbagai sumber, sebuah studi mengatakan jika ekstrak buah tin dapat menurunkan tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah normal, serta tikus dengan dengan tekanan darah tinggi.

Kemudian, disebutkan dalam penelitian lainnya bahwa pada hewan juga menunjukkan peningkatan kolesterol total, kolesterol HDL (kolesterol baik) dan trigliserida. Ketiga kandungan tersebut dapat ditemukan pada jika seseorang mengonsumsi ekstrak daun dari buah tin.

Kesuburan

Foto: Glitsmedia

Jika seseorang mengalami masalah kesuburan sebaiknya rutin mengonsumsi buah tin. Buah tin dapat mengatasi kemandulan baik pada laki-laki maupun perempuan. Terlebih, pada laki-laki dapat meningkatkan jumlah mortilitas sperma. Tak hanya itu, buah tin juga dapat menyuburkan perempuan dalam mengontrol ketidakteraturan menstruasi dan ketidakseimbangan hormon.

Apabila sepasang suami istri rutin mengonsumsi buah tin, maka akan sangat membantu kesehatan dan kesuburan. Namun manfaat buah tin yang satu ini tetap harus didukung dengan pola makan yang sehat serta seimbang.

Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Buah tin sangat bagus dikonsumsi bagi orang tua atau lansia. Selain itu, buah tin juga cocok dikonsumsi untuk orang setelah operasi tulang atau memiliki permasalahan kesehatan pada tulang. Pasalnya, manfaat buah tin selanjutnya dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini disebabkan buah tin memiliki kaya kandungan akan mineral.

Di antaranya kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos. Jika seseorang mengonsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Nah, hal ini dapat dicegah oleh kalium yang terdapat dalam buah tin.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel