1. Lifestyle
  2. Asri dan Cantik, 6 Jenis Bunga Warna Putih Ini Cocok Hiasi Taman Rumahmu
Lifestyle

Asri dan Cantik, 6 Jenis Bunga Warna Putih Ini Cocok Hiasi Taman Rumahmu

Asri dan Cantik, 6 Jenis Bunga Warna Putih Ini Cocok Hiasi Taman Rumahmu

Ilustrasi Bunga Mawar Putih. (Pinterest)

Ladiestory.id - Bunga membuat taman rumah menjadi lebih asri dan cantik. Namun sayangnya, tidak semua orang menyukai warna-warna yang terlalu cerah dan mencolok.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan konsep sederhana, simpel, elegan, dan aesthetic untuk taman rumahmu. Kamu bisa memilih satu warna bunga saja, misalnya bunga berwarna putih.

Selain karena putih melambangkan kesucian, bunga dengan warna ini juga memiliki berbagai khasiat yang wajib kamu ketahui. Berikut ini 6 jenis bunga warna putih dan khasiatnya.

Bunga Anggrek Bulan

Ilustrasi Bunga Anggrek Bulan Putih. (Pinterest)

Anggrek bulan (Phalaenopsis Amibilis) atau yang biasa disebut "Puspa Pesona" karena kecantikannya ini termasuk salah satu bunga nasional asli Kalimantan Barat. Warnanya yang menyerupai sinar bulan di malam hari dengan corak putih dan merah pada bagian dalamnya menjadi alasan mengapa bunga ini dinamai bulan.

Bunga anggrek biasanya hidup secara epifit dengan menempel pada batang pohon dan mampu hidup di ketinggian 600 meter dpl, serta dapat juga hidup di alam liar. Bunga ini tidak menyukai kadar air yang berlebihan, namun memerlukan kelembapan yang tinggi.

Anggrek bulan juga memiliki banyak manfaat, seperti obat penyembuhan alami, pereda stres, dan juga pengharum ruangan.

Bunga Sepatu

Ilustrasi Bunga Sepatu Putih. (Pinterest)

Bunga sepatu (Hibiscus Rosasinensis) putih melambangkan kesucian. Bunga ini merupakan tanaman semak yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Menariknya, di daerah Hawaii dan Tahiti, bunga ini digunakan sebagai lambang status perempuan yang menggunakannya. Apabila digunakan di sebelah kanan, menandakan bahwa perempuan tersebut masih lajang dan terbuka untuk suatu hubungan. Namun, apabila digunakan di sebelah kiri, itu berarti perempuan tersebut sedang terikat pada suatu hubungan.

Bunga sepatu putih juga bermanfaat untuk tubuh, seperti mengurangi tekanan darah dan meringankan flu. Kamu hanya perlu mengolahnya menjadi teh untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Faktanya, bunga sepatu perlu ditanam di area yang mudah mendapatkan sinar matahari, menyukai tempat bersuhu 12-21 derajat Celcius, dapat hidup walaupun tidak disiram selama dua minggu, serta kuncupnya akan mengering apabila udara terlalu panas.

Bunga Dahlia

Ilustrasi Bunga Dahlia Putih. (Pinterest)

Bunga dahlia merupakan tanaman yang akan berbunga pada saat musim panas serta musim gugur. Bunga ini berasal dari Meksiko dan termasuk ke dalam jenis tanaman perdu berumbi, alias bersifat tahunan.

Bunga ini diartikan sebagai sifat elegan, penuh harga diri, kesucian, dan fokus. Bunga dahlia juga memiliki berbagai manfaat, seperti menghindari penumpukan kolesterol, melancarkan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Untuk tumbuh dengan optimal, bunga dahlia memerlukan sinar matahari 6-8 jam per hari, tanah yang gembur dan tidak menyimpan terlalu banyak air, tingkat keasaman yang terbaik 6.5-7.0, dan area yang melindungi tanaman dari angin besar.

Bunga Daisy

Ilustrasi Bunga Daisy. (Pinterest)

Bunga daisy atau bunga aster merupakan salah satu tanaman yang populer di dunia. Bunga ini akan mekar pada musim semi atau awal musim panas.

Menariknya, bunga ini mudah ditemukan di berbagai benua, kecuali Antartika. Hal ini dikarenakan, bunga daisy memiliki sifat adaptif yang dapat tumbuh di berbagai iklim, termasuk iklim basah dan kering, serta area cerah ataupun teduh.

Bunga ini memiliki banyak manfaat, seperti memperlambat perdarahan, meredakan gangguan pencernaan, meredakan batuk, dan berkhasiat sebagai obat. Selain itu, bunga daisy diketahui juga kaya akan vitamin C.

Bunga Gladiol

Ilustrasi Bunga Gladiol Putih. (Pinterest)

Bunga gladiol (Gladiolus) yang berasal dari Afrika Selatan ini merupakan tanaman hias kelompok Lily yang dapat tumbuh sekitar 3 sampai 4 meter.

Di Indonesia, bunga ini lebih dikenal dengan bunga bakung yang sering disebut sebagai bunga kelahiran bagi orang yang lahir pada bulan Agustus.

Bunga ini dapat digunakan sebagai pengobatan apabila diolah dengan tepat dan tidak sembarangan. Karena sebenarnya beberapa bagian dari bunga ini beracun dan beberapa jenisnya dapat menyebabkan iritasi kulit maupun alergi.

Bunga gladiol juga tergolong cepat layu karena mudah kehilangan air. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak memanen bunga ini saat matahari terbit atau menjelang petang. Selain itu, batang bunganya dipotong miring agar tercipta penampang yang lebih luas untuk menyerap air.

Biasanya bunga gladiol digunakan untuk upacara keagamaan, beberapa acara tradisional, upacara kenegaraan dan keperluan ritual lainnya.

Bunga Hydrangea

Ilustrasi Bunga Hydrangea Putih (Pinterest.com)

Bunga hydrangea biasa disebut sebagai hortensia, kembang bokor, maupun bunga masamba ini menjadi salah satu bunga favorit karena awet hidup sepanjang tahun.

Uniknya, bunga ini dapat berubah warna tergantung dari tingkat keasaman (pH) tanah tempatnya tumbuh, kecuali bunga hydrangea putih.

Bunga ini memerlukan cukup air, tapi tidak terlalu banyak air karena akan membuat akaarnya cepat busuk hingga mati. Selain itu, bunga hydrangea dianggap beracun karena mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan melepaskan senyawa hidrogen sianida saat tertelan.

Namun, sebenarnya akar bunga ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel