1. Entertainment
  2. Arum Nazlus Shobah, Banggakan Indonesia Juarai Olahraga Panahan Berkuda
Entertainment

Arum Nazlus Shobah, Banggakan Indonesia Juarai Olahraga Panahan Berkuda

Arum Nazlus Shobah, Banggakan Indonesia Juarai Olahraga Panahan Berkuda

Arum Nazlus Shobah. (Instagram.com/arumnazlus)

Ladiestory.id - Dunia olahraga Indonesia kembali kedatangan srikandi ciliknya, seorang gadis kecil bernama Arum Nazlus Shobah memilih olahraga panahan berkuda sebagai minatnya dan diketahui beberapa kali menjuarai pertandingan.

Menyukai olahraga yang masuk dalam kategori olahraga tradisional atau Ethno Sport, gadis 13 tahun ini telah tercatat sebagai atlet panahan berkuda dari Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI).

Meskipun namanya masih asing di telinga, namun prestasi yang telah diraihnya selama ini tak dapat diragukan. Di usianya yang masih sangat muda Arum diketahui telah membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Arum yang saat itu masih berumur 12 tahun, diketahui membawa Indonesia sebagai juara umum pada turnamen International Horseback Archery Championship 2021 yang digelar di Ankara, Turki.

Arum Nazlus Shobah. (Instagram.com/arumnazlus)

Dirinya mampu meraih medali di ajang yang digelar oleh Performa Horseback Archery Academy dan ditetapkan sebagai juara umum pada pertandingan kategori umum dewasa.

Menekuni olahraga panahan berkuda sejak umur delapan tahun, Arum mengungkapkan jika minatnya tersebut terinspirasi dari kedua kakaknya yang juga merupakan atlet yang menjuarai olahraga panahan.

Arum Nazlus Shobah. (Instagram.com/arumnazlus)

Berasal dari keluarga yang islami, orang tua Arum memang bertekad mendidik ketiga buah hatinya untuk menekuni olahraga sunnah tersebut.

Harus melalui masa-masa pandemi, dirinya mengaku momen pandemi membuat dirinya lebih fokus berlatih, hingga pada 2020 arum mulai serius mendalami proses berkuda. 

Berlatih bersama ayahnya, Sunaryo Adhiatmoko yang diketahui merupakan Sekretaris Jenderal Komunitas Panahan Berkuda Indonesia (KPBI) dalam kurun waktu dua tahun, kegigihan dan semangat Arum membuat dirinya dapat menguasai berkuda dan memanah sambil berkuda.

Arum mengakui jika pencapaian yang diraihnya saat ini tak terlepas dari peran dan dorongan dari keluarganya yang memang berasal dari lingkungan pecinta olahraga panahan berkuda.

Kini, sepanjang perjalanannya Arum telah tercatat tiga kali menjadi juara umum dalam pertandingan panahan berkuda di tingkat internasional.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel