1. Lifestyle
  2. Menilik Kembali Arti dan Sejarah dari Pancasila
Lifestyle

Menilik Kembali Arti dan Sejarah dari Pancasila

Menilik Kembali Arti dan Sejarah dari Pancasila

Foto: bpip

Ladiestory.id - Bangsa Indonesia memiliki keyakinan bahwa Pancasila yang kini menjadi dasar dan falsafah negara, pandangan hidup, dan jiwa bangsa merupakan produk kebudayaan bangsa Indonesia yang telah menjadi sistem nilai Indonesia yang telah menjadi sistem nilai selama berabad-abad lamanya.

Apa itu Pancasila?

Pengertian Pancasila adalah suatu ideologi dan dasar negara Indonesia yang menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

Dengan kata lain, Pancasila adalah dasar dalam mengatur pemerintahan negara Indonesia yang mengutamakan semua komponen di seluruh wilayah Indonesia.

Secara Etimologi, kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta India (Kasta Brahmana), yaitu kata “Panca” yang artinya Lima, dan “Sila” yang artinya Dasar. Sehingga arti Pancasila secara harfiah adalah Lima Dasar.

Foto: bpip

Istilah “Pancasila” pertama kali dapat ditemukan dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular yang ditulis pada zaman Majapahit (abad ke-14).

Dalam istilah tersebut Pancasila diartikan sebagai lima perintah kesusilaan (Pancasila Krama), yang berisi lima larangan sebagai berikut. Yakni larangan melakukan kekerasan, mencuri, berjiwa dengki, berbohong, mabuk akibat minuman keras.

Sejak saat itu pula Pancasila digunakan sebagai nama dari dasar falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, meskipun untuk itu terdapat beberapa tata urut dan rumusan yang berbeda.

Sejarah rumusan Pancasila itu tidak dapat kita pisahkan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan tidak dapat pula dipisahkan dari sejarah perumusan Undang-Undang Dasar 1945

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Pancasila menurut para ahli.

1. Notonegoro

Menurut Notonegoro, pengertian Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

pancasila
Foto: iNews

2. Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

3. Ir. Soekarno

Menurut Bung Karno, pengertian Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya falsafah negara, tapi lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

Sejarah Pancasila 

Pancasila bermula dari Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI 1. Soekarno sendiri membahas dasar Pancasila dalam sidang BPUPKI 1 tentang rancangan dasar Negara Indonesia merdeka.

Dalam sidang tersebut Soekarno berpidato secara lisan mengenai calon dasar negara Indonesia. Soekarno juga merumuskan dasar negara Indonesia untuk menjawab pertanyaan ketua BPUPKI saat itu.

Selanjutnya Soekarno mengucapkan hal tentang kemerdekaan:

"Saya mengerti apakah yang paduka tuan ketua minta, minta Philosofiche gronsdlag, atau jikalau kita boleh memakai perkataan yang muluk-muluk paduka tuan ketua yang mulia meminta sesuatu Weltanschauung, diatas mana kita mendirikan Negara Indonesia,"

Setelah selesai mengemukakan dasar-dasar negara tersebut maka Soekarno menutupnya dengan menyatakan:

"Saudara-saudara! "dasar-dasar Negara telah saya usulkan. Lima bilangannya. Inikah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat disini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar.

Saya senang kepada simbolik. Simbolik angka pula. Rukun Islam lima jumlahnya. Jari kita lima setangan. Kita mempunyai panca indera. Apalagi yang lima bilangannya?

Pandawa pun lima orangnya. Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima pula bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa-namanya ialah Panca Sila.

Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia kekal dan abadi,"

pancasila
Foto: Berita Satu

Nah istilah Pancasila dari bahasa Sansekerta yang dijadikan Soekarno sebagai inspirasi untuk menetapkan dasar negara Pancasila.

Istilah Pancasila juga ada pada Kakawin atau Kitab Sutasoma yang ditulis pada tahun 1851 dengan menggunakan aksara Bali, tapi berbahasa Jawa Kuno, dengan bahan naskah terbuat dari daun lontar.

Selanjutnya setelah rapat besar/ sidang BPUPKI 1 maka selanjutnya membentuk panitia kecil yang berjumlah 9 orang dan berhasil merumuskan kesepakatan bersama mengenai Rancangan Pembukaan Hukum Dasar Negara.

Hasil rumusan tersebut selanjutnya dikenal dengan nama Piagam Jakarta yang dihasilkan oleh Panitia Sembilan. Piagam Jakarta ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1945.

Setelah BPUPKI dibubarkan dan dibentuklah PPKI pada tanggal 9 Agustus 1945. PPKI diketuai oleh Soekarno dan wakilnya Mohammad Hatta pada tanggal 18 Agustus 1945.

Dimana dari sidang tersebut menghasilkan 3 putusan penting diantaranya :

  1. Pengesahaan Pembukaan Hukum Dasar Negara dan Hukum Dasar Negara sebagai konstitusi Republik Indonesia. Selanjutnya dikenal dengan nama UUD NRI 1945 yang dalam pembukaanya memuat dasar negara.
  2. Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta.
  3. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Demikian ulasan tentang arti dan sejarah Pancasila. Semoga kita senantiasa dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel