1. Travel
  2. Arak Bali, Alkohol Tradisional yang Kini Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia
Travel

Arak Bali, Alkohol Tradisional yang Kini Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Arak Bali, Alkohol Tradisional yang Kini Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Arak Bali. (Spesial)

Ladiestory.id - Sebagai negara dengan beragam suku bangsa, Indonesia diketahui turut memiliki banyak warisan kebudayaan, baik yang berbentuk benda maupun tak benda. 

Melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), ada total sembilan warisan budaya Bali, termasuk alkohol tradisionalnya, Arak Bali, yang kini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) milik Indonesia, per 2022 ini. 

Penetapan Arak Bali Sebagai WBTb Indonesia. (Spesial)

Menanggapi penetapan tersebut, Wayan Koster selaku Gubernur Bali lantas menyampaikan harapannya agar masyarakat, khususnya di Bali, bisa lebih merawat, melestarikan dan mengembangkan Arak Bali. Apalagi, saat ini statusnya telah menjadi Warisan Budaya Indonesia.

"Untuk diajukan menjadi WBTb agar semuanya terlindungi dan mendapat pengakuan negara," kata Wayan Koster dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (3/11/2022) lalu.

Tak hanya itu, Wayan Koster pun turut meminta kepada Kepala Dinas Kebudayaan setempat untuk lebih aktif menelusuri warisan-warisan lain di Bali. Apalagi menurutnya, arak bali beberapa waktu ke belakang sempat tak terlindungi, para produsennya bahkan kerap sembunyi-sembunyi saat menjual belikan minuman alkohol tradisional ini lantaran takut.

Pura Lempuyang Luhur Bali. ( Instagram : my_life.travel )

Namun, hal tersebut kini mulai berubah, sebab adanya Peraturan Gubernur (Pergub) yang telah lebih dulu terbit mengenai perlindungan dan legalitas pengedaran Arak Bali. Selain itu, juga karena statusnya yang kini menjadi warisan budaya, sehingga harus dilestarikan.

"Para petani arak menyambut gembira dan berbagai kreativitas tumbuh, mulai dari kemasan yang elegan dan berkualitas hingga inovasi berbagai aroma dan rasa," sambungnya.

Xiumin EXO Coba Arak Bali. (Spesial)

Seperti diketahui, nama arak Bali sebagai minuman alkohol tradisional ternyata telah cukup populer, tak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Sosok idol Korea, yaitu Xiumin dari boyband EXO salah satunya, dalam sebuah video ia sempat memuji minuman ini dan mengaku ketagihan dengan rasa dan sensasinya. 

Sementara itu, selain Arak Bali, berikut delapan kebudayaan asal Bali lainnya yang diketahui turut ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTb), diantaranya.

1. Uyah Amed (Kemahiran kerajinan tradisional)

2. Jaja Laklak (Kemahiran kerajinan tradisional)

3. Lontar Bali (Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta)

4. Sate Lilit (Kemahiran kerajinan tradisional)

5. Karya Pemijilan Ida Bhatara Sakti Ngerta Gumi (Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan)

6. Berko (Seni Pertunjukan)

7. Mejaran-jaranan (Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan)

8. Serombotan (Kemahiran kerajinan tradisional).

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel