1. Health
  2. Apakah Humidifier Bagus Untuk Kesehatan? Yuk Ketahui Manfaatnya!
Health

Apakah Humidifier Bagus Untuk Kesehatan? Yuk Ketahui Manfaatnya!

Apakah Humidifier Bagus Untuk Kesehatan? Yuk Ketahui Manfaatnya!

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kualitas udara sangatlah berpengaruh bagi kualitas kesehatan seseorang, seperti halnya udara di sekitar yang terlalu kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman mulai dari mulut kering, iritasi sinus, bahkan gangguan pernapasan.

Humidifier atau alat pelembap udara memiliki manfaat untuk mengatasi persoalan tersebut, humidifier diyakini dapat menambah kelembapan udara di dalam ruangan saat udara terasa terlalu kering.

Melansir Healthshots, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, pelembab udara dapat mengurangi risiko sesak dada serta batuk, karena berfungsi sebagai pelembab dan sangat bagus digunakan di musim dingin. Berikut ini manfaat humidifier bagi kesehatan.

Kurangi Risiko Flu

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan: Kurangi Risiko Flu. (Freepik.com)

 

Humidifier dapat membantu melindungi dari dari virus influenza yang mudah menular. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Plos One menyatakan bahwa tingkat kelembapan sebesar 40 persen membantu menonaktifkan virus influenza, yang ditambahkan ke udara sebagai bagian dari percobaan. Hal ini membuat virus ini menjadi kurang ampuh. Namun, ini bisa menjadi pengobatan tambahan dan bukan pengobatan utama. 

Atasi Batuk Kering dan Bronkitis

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan: Atasi Batuk Kering dan Bronkitis. (Freepik.com)

 

Penggunaan humidifier dapat membantu menambah kelembapan pada udara, dan membantu mengatasi batuk kering. Ini sangat membantu saat seseorang sedang tertidur. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga merekomendasikan pelembap udara yang bersih atau alat penguap kabut dingin untuk pengobatan bronkitis. Ini membantu mengencerkan lendir dan membantu seseorang untuk bernapas. 

Atasi Dengkuran dan Sleep Apnea

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan: Atasi Dengkuran dan Sleep Apnea. (Freepik.com)

 

Follow our
media updates!

Humidifier di kamar pada malam hari membantu menjaga kelembapan rongga hidung. Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan mendengkur. Saat udara kering, saluran hidung dan rongga hidung mengalami peradangan dan iritasi dan dapat menyebabkan dengkuran saat tertidur.

Oleh karena itu, pelembab dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Chest melaporkan bahwa pasien sleep apnea mengalami lebih sedikit efek samping yang terkait dengan gejala saluran napas bagian atas dan merasa lebih segar saat bangun tidur.

Lembapkan Kulit dan Rambut

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan: Lembapkan Kulit dan Rambut. (Freepik.com)

 

Jika tingkat kelembapan dalam ruangan diatur antara 40-60 persen, kulit dapat menyerap kelembapan secara alami dan terhidrasi. Kulit kepala, rambut, dan bibir juga bisa menjadi kering, dan kelembapan di sekitar dapat membantunya. 

Humidifier sangat berguna bagi orang yang memiliki kulit kering dan rentan eksim. Ini juga membantu mengatasi jerawat karena peningkatan kelembapan baik untuk melawan bakteri.

Atasi Mimisan

Manfaat Humidifier Bagi Kesehatan: Atasi Mimisan. (Freepik.com)

 

Menggunakan pelembab udara juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi mimisan. Udara kering menyebabkan pengeringan selaput bagian dalam hidung. Hal ini dapat meningkatkan iritasi dan juga menyebabkan mimisan. 

Humidifier dapat membantu mencegah hal tersebut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Pharmacist Journal menyatakan bahwa dengan menjaga mukosa hidung tetap terhidrasi dengan bantuan pelembab udara dan/atau gel hidung saline, mimisan dapat dihentikan sekaligus dicegah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel