1. Health
  2. Apakah Apel Baik Untuk Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya!
Health

Apakah Apel Baik Untuk Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

Apakah Apel Baik Untuk Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Buah apel bisa menjadi salah satu makanan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, apel kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan, yang dapat membantu seseorang merasa lebih cepat kenyang, mengurangi keinginan makan, dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, gula alami dalam apel dicerna secara perlahan, sehingga memberikan pasokan energi yang konsisten sekaligus mengurangi lonjakan gula darah. Apel juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan ini juga dapat membantu mengatur hormon yang terkait dengan manajemen berat badan.

Melansir Healthshots, berikut ini manfaat apel untuk menurunkan berat badan.

Rendah Kalori

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan: Rendah Kalori. (Freepik.com)

 

Apel dengan ukuran sedang mengandung sekitar 86 persen air. Makanan yang kaya air sangat mengenyangkan, dan berkontribusi pada asupan kalori yang lebih rendah. Air juga mengurangi kepadatan kalori makanan. Misalnya, apel berukuran sedang mengandung sekitar 95 kalori. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrients, makanan rendah kalori meningkatkan rasa kenyang, mengurangi konsumsi kalori, dan mendorong penurunan berat badan.

Tinggi Serat

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan: Tinggi Serat. (Freepik.com)

 

Apel kaya akan serat makanan, khususnya pektin, yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dengan menahan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers Nutrition, peningkatan konsumsi serat dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah dan penurunan risiko obesitas. Mengonsumsi serat dapat memperlambat pencernaan makanan dan membuat merasa lebih kenyang dengan lebih sedikit kalori.

Kandungan Air Tinggi

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan: Kandungan Air Tinggi. (Freepik.com)

 

Apel memiliki kandungan air yang tinggi (sekitar 86 persen), yang juga membantu mengurangi berat badan. Air dalam apel dapat membantu seseorang merasa kenyang, sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 

Hidrasi dapat membantu mencegah keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat. Ditambah lagi, hidrasi yang cukup sangat penting untuk fungsi metabolisme yang optimal, yang dapat membantu penurunan berat badan.

Indeks Glikemik Rendah

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan: Indeks Glikemik Rendah. (Freepik.com)

 

Apel memiliki indeks glikemik (IG) rendah, yang menunjukkan seberapa banyak gula darah naik setelah makan. Makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengendalikan gula darah dan mengelola berat badan dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil daripada meningkatkannya, seperti yang ditemukan dalam Nutrients . 

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan dengan indek glikemik rendah dapat membantu menghindari diabetes, penyakit jantung, dan beberapa keganasan.

Tingkatkan Metabolisme

Manfaat Apel Untuk Turunkan Berat Badan: Tingkatkan Metabolisme. (Freepik.com)

 

Gula alami dalam apel, dikombinasikan dengan kandungan seratnya, dapat membantu mengatur metabolisme dan menyediakan sumber energi yang stabil, yang penting untuk membakar kalori.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel