Apa Penyebab Utama Ketombe? Yuk Ketahui Cara Cegah dan Atasinya!

Kamis, 27 Juni 2024 | 16:20:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Apa Penyebab Utama Ketombe? Yuk Ketahui Cara Cegah Dan Atasinya!

Ketombe Pada Rambut. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang umum dialami setiap orang, hal ini menyebabkan kulit kepala berubah menjadi serpihan putih. Ketombe merupakan salah satu bentuk penyakit kulit inflamasi dermatitis seboroik. Hal ini bisa terjadi karena adanya kelebihan minyak kulit di kelenjar minyak dan folikel rambut, sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal.

Ada beberapa penyebab timbulnya ketombe, salah satunya disebabkan oleh Malassezia atau jamur mirip ragi yang secara alami hidup di sebagian besar kulit kepala orang dewasa. Pada beberapa orang, tubuhnya akan bereaksi berlebihan terhadap jamur ini sehingga bisa menyebabkan kulit kepala melepaskan sel-sel kulit lebih cepat dari biasanya.

Selain itu, ketombe juga bisa disebabkan oleh sekresi kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut akan mengeluarkan sebum yang merupakan zat minyak yang dapat menyebabkan ketombe. Penyebab lainnya juga bisa jadi karena terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo yang tidak cocok.

Melansir Healthshots, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi ketombe sendiri di rumah.

Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel Untuk Atasi Ketombe Pada Rambut. (Freepik.com)

 

Cuka Sari Apel memiliki sifat antijamur alami yang dapat membantu melawan pertumbuhan jamur berlebih yang terkadang dikaitkan dengan ketombe. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Pharmaceutics, Cuka Sari Apel bekerja sebagai agen anti jamur yang menghentikan pertumbuhan Malassezia. Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama, oleskan ke kulit kepala Anda, biarkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah Buaya Untuk Atasi Ketombe Pada Rambut. (Freepik.com)

 

Sifat menenangkan dan melembapkan lidah buaya dapat menenangkan kulit kepala yang gatal dan mengurangi pengelupasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di BioMed Research International menunjukkan bahwa lidah buaya bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga membantu mencegah ketombe. Caranya oleskan gel lidah buaya segar langsung ke kulit kepala Anda, biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh Untuk Atasi Ketombe Pada Rambut. (Freepik.com)

 

Minyak pohon teh adalah obat ketombe yang bagus karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengendalikan ketombe. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa penggunaan sampo minyak pohon teh 5% menunjukkan peningkatan ketombe sebesar 41 persen pada partisipan dalam empat minggu bila digunakan setiap hari. 

Namun, minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada kulit, jadi penting untuk mengencerkannya dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya ke kulit kepala. Hanya boleh disimpan satu hingga dua jam sebelum mandi, jika tidak maka akan menyumbat pori-pori.