1. Mom & Kids
  2. Apa Itu Father Hunger? Yuk, Kenali dan Pahami 5 Penyebabnya
Mom & Kids

Apa Itu Father Hunger? Yuk, Kenali dan Pahami 5 Penyebabnya

Apa Itu Father Hunger? Yuk, Kenali dan Pahami 5 Penyebabnya

Ilustrasi Father Hunger. (Special)

Ladiestory.id - Istilah father hunger kini tengah menjadi booming di masyarakat. Hal ini pun lantaran banyak beredarnya pembahasan mengenai kata father hunger di media sosial. Namun, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui apa itu father hunger?

Semakin mudahnya akses informasi, membuat siapa saja dapat mengetahui ilmu baru. Namun, hal ini pun menjadi kan adanya celah disinformasi jika tidak menyaring informasi dengan baik. 

Nah, kira-kira apa itu father hunger? Mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga penyebabnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Pengertian Father Hunger

Ilustrasi Pengertian Father Hunger. (Special)

 
Secara istilah, father hunger digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan kebutuhan secara batin anak-anak terhadap kehadiran sosok ayah yang sehat baik secara emosional maupun psikologis.

Istilah ini kemudian muncul ketika sosok ayah atau pengganti ayah absen dalam kehidupan masa kanak-kanak Sehingga, sang anak tumbuh dengan perasaan yang hilang dan kosong akan kepemilikan rasa aman secara emosional.

Istilah father hunger sendiri dicetuskan pertama kali oleh ahli psikoanalisa berna Margo Maine. Ia menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kekosongan secara emosional akibat hilang nya atau ditinggalkan seorang anak akan sosok ayah.

Sehingga, hal ini menimbulkan rasa kekurangan terhadap makna kasih sayang maupun dukungan hangat yang hanya mampu dipenuhi oleh sosok ayah.

Alhasil, father hunger pun memberikan dampak negatif pada kualitas kesehatan mental sang anak. Selain itu, mempengaruhi kemampuan anak dalam membentuk sebuah hubungan yang sehat dengan orang lain di masa yang akan datang. Ia pun kesulitan untuk memenuhi kebutuhan emosional karena kekosongan yang dialami sebelumnya. 

2. Penyebab Terjadinya Father Hunger

Ilustrasi Penyebab Father Hunger. (Special)

 
Setelah mengetahui apa itu father hunger? Kamu juga perlu memahami penyebab dari terjadinya father hunger. Sejauh ini terdapat berbagai faktor penyebab yang berasal dari internal atau eksternal. Adapun penyebabnya seperti:

  • Absennya sosok Ayah secara emosional. Hal ini pun membuat anak cenderung tubuh dengan perasaan kehilangan akan figur ayah sebagai kepala keluarga serta kasih sayang dari orang tua kepada anak.
  • Terjadinya  konflik keluarga seperti pertengkaran atau perceraian orang tua seringkali memicu terjadinya father hunger pada kehidupan anak. Sebab, kondisi semacam ini dapat mempengaruhi hubungan sang anak dengan ayah atau bahkan dapat membuat keduanya lost contact.
  • Adanya trauma aka pengalaman buruk saat masa kanak-kanak. Misalnya, terjadi pelecehan atau kekerasan yang membuat anak kehilangan sosok ayah dan merasakan father hunger. Akhirnya, mempengaruhi hubungan sang anak dengan figur ayah maupun laki-laki lain disekitar kehidupannya.
  • Mengalami musibah berupa kematian sang ayah. Sehingga memicu adanya father hunger, karena kehilangan yang terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan perasaan sedih sekaligus kehilangan.
  • Anak yang merasa butuh figur ayah. Setiap anak secara alamiah memiliki kebutuhan kasing sayang dari sosok ayah baik melalui dukungan maupun bimbingan secara emosional. Jika hal tersebut tidak terpenuhi maka rentan akan terjadinya father hunger.
  • Variasi lain yang menyebabkan terjadinya kondisi atau situasi pada anak. Beberapa anak yang memiliki hubungan baik dengan sang ayah pun dan merasakan father hunger. Hal ini dikarenakan kadar kebutuhan psikologis maupun emosional yang berbeda setiap masing-masing individu.

3. Ciri-Ciri Mengalami Father Hunger

Ilustrasi Ciri-Ciri Mengalami Father Hunger. (Special)

 
Terdapat beberapa ciri seseorang tengah mengalami father hunger. Adapun daftarnya sebagai berikut;

  • Memiliki kesulitan membangun hubungan yang sehat serta mendalam dengan sosok ayah maupun laki-laki dewasa lainnya. SUlit untuk memiliki rasa percaya maupun nyaman dan aman terhadap orang lain.
  • Memiliki rasa tidak aman dan kurangnya percaya diri. Hal ini terjadi akibat kurangnya kasih sayang serta dukungan emosional dari sosok ayah. Sehingga, tumbuh dengan perasaan tidak dihargai maupun tidak diakui sebagai seseorang yang penting dalam kehidupan figur ayah.
  • Merasakan adanya kekosongan emosional maupun kesepian. Kondisi semacam ini sulit dijelaskan. Namun, secara umum seseorang yang memiliki father hunger sering merasa kebingungan akan arti peran maskulin maupun feminin secara seimbang dalam berkehidupan.
  • Mengalami permasalahan kesehatan mental serta gangguan perilaku. Beberapa jenis yang dialami seperti impulsif, kecemasan berlebih, depresi hingga kecanduan alkohol maupun obat-obatan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu father hunger? Kamu juga dapat mengetahui kelima penyebab serta ciri-cirinya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk sampaikan informasi baik ini kepada orang sekitarmu. Stay happy and stay healthy, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel