1. Beauty
  2. Anti Penuaan Dini, Ketahui Manfaat Ginseng Bagi Kulit
Beauty

Anti Penuaan Dini, Ketahui Manfaat Ginseng Bagi Kulit

Anti Penuaan Dini, Ketahui Manfaat Ginseng Bagi Kulit

Ginseng. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ginseng telah dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kulit, zat alami yang satu ini juga telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di Asia. Ginseng sering disertakan dalam hidangan, minuman, teh, dan pengobatan alami lainnya. 

Akar tanaman ginseng merupakan bagian yang paling berharga dan sering digunakan sebagai suplemen herbal atau dalam berbagai pengobatan tradisional. Ada dua jenis utama ginseng yang digunakan secara global: Ginseng Asia (Panax ginseng) yang merupakan jenis ginseng yang paling umum digunakan dan berasal dari Asia Timur, dan Ginseng Amerika (Panax quinquefolius) yang berasal dari Amerika Utara dan sering digunakan sebagai pengganti ginseng Asia.

Ginseng juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti meminimalkan tanda-tanda penuaan, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh, yang semuanya meningkatkan kesehatan kulit.

Melansir Healthshots, ginseng dipercaya memiliki khasiat yang berpotensi sebagai anti penuaan dini. Berikut ini manfaat ginseng bagi kulit yang mulai menua.

Kaya Antioksidan

Manfaat Ginseng Bagi Kulit: Kaya Antioksidan. (Freepik.com)

 

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science, ginseng kaya akan antioksidan seperti ginsenosida dan flavonoid. Zat kimia ini berfungsi sebagai antioksidan alami, mampu melindungi kulit dari stres oksidatif yang dihasilkan oleh radikal bebas yang merusak. 

Radikal bebas ini dapat merusak sel, menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan gejala degenerasi kulit lainnya. Ginseng melindungi kulit dari polutan lingkungan, radiasi UV, dan stres dengan menetralkan radikal bebas. Tindakan antioksidan ini membantu menjaga penampilan awet muda dan vitalitas kulit.

Tingkatkan Produksi Kolagen

Manfaat Ginseng Bagi Kulit: Tingkatkan Produksi Kolagen. (Freepik.com)

 

Kolagen adalah protein penting yang membantu menjaga elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen secara alami menurun, sehingga tanda-tanda penuaan semakin terlihat. 

Ginseng terbukti dapat meningkatkan sintesis kolagen, yang membantu mencegah hilangnya kolagen akibat usia, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Ginseng Research. Kolagen juga meningkatkan pembentukan kolagen, yang membuat kulit menjadi lebih kencang, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta mengembalikan warna kulit yang lebih muda.

Tingkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat Ginseng Bagi Kulit: Tingkatkan Sirkulasi Darah. (Freepik.com)

 

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, sehingga kulit tampak berseri dan bercahaya. Ginseng terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. 

Sirkulasi darah yang meningkat dapat membantu menutrisi sel-sel kulit, mengurangi kulit kusam, dan membuat kulit tampak berseri. Memasukkan ginseng ke dalam rutinitas perawatan kulit, bisa menjadi solusi untuk memperbaiki atau mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kaya Sifat Anti-Inflamasi

Manfaat Ginseng Bagi Kulit: Kaya Sifat Anti-Inflamasi. (Freepik.com)

 

Peradangan berperan penting dalam penuaan dan kerusakan kulit. Ginseng memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, mengurangi kemerahan, dan mencegah kerusakan kolagen. 

Dengan mengurangi peradangan, ginseng dapat membantu menenangkan kulit, memperbaiki teksturnya, dan meningkatkan penampilan yang lebih muda dan sehat. 

Tingkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat Ginseng Bagi Kulit: Tingkatkan Kesehatan Kulit. (Freepik.com)

 

Ginseng memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Ginseng membuat kulit tampak bersih dan bening. Selain itu, ginseng dikenal memiliki khasiat menghidrasi, sehingga mampu melembapkan kulit, mencegah kekeringan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel