1. Health
  2. Ampuh, Begini 8 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat
Health

Ampuh, Begini 8 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat

Ampuh, Begini 8 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat

Foto: Halodoc

Ladiestory.id - Cegukan dapat dialami siapa saja dari mulai bayi, anak-anak hingga orang tua. Walaupun tidak berbahaya, namun cegukan terkadang membuat kesal karena mengganggu saat berbicara dan makan. Ada berbagai cara menghilangkan cegukan, salah satunya dengan menelan gula pasir.

Cara Menghilangkan Cegukan

Foto: cegukan

Cegukan biasanya terjadi dengan tiba-tiba, dan akan hilang beberapa menit setelah Anda konsumsi air putih hangat. Namun pada beberapa kasus ada juga cegukan yang tak kunjung berhenti walaupun sudah banyak konsumsi air putih.

Berikut ini cara untuk menghilangkan cegukan yang terus menerus dan tak bisa berhenti dalam waktu lama:

1. Menelan Gula Pasir

Salah satu cara ampuh untuk menghilang cegukan dengan cepat adalah dengan menelan 1 sendok teh gula pasir. Sebelum menelannya kulum gula selama 5 menit dalam mulut, selanjutnya baru ditelan.

Gula memiliki fungsi untuk merangsang otot diafragma, karena itulah gula dapat menghentikan cegukan.

2. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih pada area dada, perut dan leher.

Biarkan panasnya menjalar dan meresap, panas yang dihasilkan dari minyak kayu putih inilah yang akan membuat rileks diafragma.  Sehingga cegukan pun segera berhenti.

3. Tahan Nafas

Menarik nafas selama 5 detik kemudian mengeluarkannya dalam 5 detik, itulah cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk menghentikan cegukan.

Bila dalam 5 detik belum juga bisa menghentikan cegukan Anda bisa lebih lama lagi semampu Anda. misalnya selama 10 atau 20 detik lalu hembuskan dengan perlahan.

Cara ini banyak digunakan sebagian orang. Dengan menahan nafas, maka kadar karbon dioksida dalam tubuh akan bertambah.

4.  Bernafas Dalam Kantong Plastik Atau Kertas

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan untuk menghentikan cegukan dengan cepat yakni dengan bernafas di dalam kantong plastik atau kertas. 

Cara ini fungsinya sama seperti teknik dengan menahan nafas, yaitu untuk menambah kadar karbon dioksida dalam tubuh. 

5. Peluk Lutut

Cara untuk menghentikan cegukan dengan cepat yakni dengan memeluk lutut Anda. Caranya adalah dengan duduk di tempat yang membuat Anda nyaman, lalu lipat dan tarik lutut ke dada. Kemudian tahan selama 2 - 4 menit.

Cara ini diyakini dapat menghilang cegukan karena adanya tekanan dari lutut ke dada.

6. Meneteskan Cuka Ke Lidah

Selanjutnya cara cepat untuk menghilangkan cegukan yaitu dengan meneteskan air cuka di permukaan lidah Anda dan biarkan rasa asam cuka menjalar keseluruh tubuh.

Cara ini dipercaya efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cepat bahkan cegukan yang membandel pun bisa segera hilang.

7. Menggunakan Es Batu

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan dengan es batu. Anda dapat mengoleskan es batu pada tenggorokan Anda dengan perlahan agar otot diafragma lebih rileks.

Selain itu ada juga cara lainnya yaitu dengan menghisap es batu hingga mengecil, atau bisa juga dengan cara berkumur selama 30 detik dengan air es. Lakukan salah satu cara tersebut berkali-kali  hingga cegukan hilang.

8. Menggunakan Jeruk Nipis Atau Jeruk Lemon

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan cegukan yakni dengan menggunakan jeruk nipis atau bisa juga jeruk lemon. Caranya peras jeruk lemon atau jeruk nipis dan beri sedikit garam lalu di minum.

Itulah tadi cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan alami. Bila dengan berbagai cara di atas cegukan tak kunjung hilang, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel