Alami Nyeri Punggung Saat Menstruasi? Lakukan Cara Ini Untuk Meredakannya

Rabu, 7 Februari 2024 | 21:39:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Alami Nyeri Punggung Saat Menstruasi? Lakukan Cara Ini Untuk Meredakannya

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat sedang menstruasi, biasanya perempuan mengalami beberapa gejala seperti kram perut, migrain, hingga sakit punggung. Sebagian perempuan bisa saja hanya mengalami gejala yang ringan, namun sebagian lainnya dapat mengalami gejala yang lebih hebat dan cukup mengganggu.

Konsultan Obstetri dan Ginekologi, dr. Puja Sharma, mengatakan bahwa sakit punggung yang dialami saat menstruasi terjadi karena kombinasi faktor fisiologis yang berhubungan dengan siklus menstruasi yang dialami perempuan.

Melansir Health Shots, ada beberapa strategi efektif yang dapat dilakukan untuk membantu mengelola dan mengurangi sakit punggung saat sedang menstruasi.

Kompres Air Hangat

Ilustrasi Kompres Perut dengan Air Hangat. (Freepik.com)

 

Untuk mengurangi rasa sakit pada bagian punggung bisa dikurangi dengan mengompresnya dengan air hangat. Kompres air hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan mengurangi rasa sakit.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol air panas, bantal pemanas, atau bahkan mandi air hangat. Rasa panas akan meningkatkan aliran darah dan mampu mengurangi kram otot.

Minum Obat Pereda Nyeri

Ilustrasi Perempuan Minum Obat. (Freepik.com)

 

Obat pereda nyeri sudah banyak terjual bebas di mana pun termasuk di apotek, obat pereda nyeri dapat mengurangi rasa nyeri punggung saat menstruasi. Obat-obatan ini akan bekerja dengan mengurangi peradangan dan memblokir sinyal rasa sakit.

Meski begitu, penting untuk memperhatikan dosis yang dianjurkan dan berkonsultasi dengan dokter jika memiliki kondisi medis atau sedang menjalani proses pengobatan.

Rutin Aktivitas Fisik

Ilustrasi Perempuan Lakukan Aktivitas Fisik. (Freepik.com)

 

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur seperti pemanasan atau yoga dapat membantu mengurangi rasa nyeri punggung saat menstruasi. Kegiatan ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, melepaskan endorfin pereda nyeri alami, dan mengurangi ketegangan otot.

Tak hanya berdampak saat menstruasi, aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin juga bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh.

Pola Makan Seimbang

Ilustrasi Perempuan Makan Makanan Bergizi. (Freepik.com)

 

Menjaga pola makan tentunya dapat membantu mengatasi rasa nyeri punggung yang dirasakan saat sedang menstruasi. Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan magnesium dapat membantu mengurangi peradangan dan kram otot.

Saat sedang menstruasi, berusahalah untuk kurangi mengonsumsi kafein dan garam agar tidak menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Kelola Stres

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Perasaan stres yang dialami saat menstruasi bisa memperburuk nyeri yang dirasakan saat menstruasi. Lakukan latihan seperti pernapasan dalam, meditasi, dan kewaspadaan untuk membantu merilekskan tubuh dan mengurangi ketegangan otot yang berhubungan dengan stres.