1. Beauty
  2. Wajib Tahu, 5 Akibat Tidak Gunakan Sunscreen Pada Kulit
Beauty

Wajib Tahu, 5 Akibat Tidak Gunakan Sunscreen Pada Kulit

Wajib Tahu, 5 Akibat Tidak Gunakan Sunscreen Pada Kulit

Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu termasuk orang yang melewatkan penggunaan sunscreen setiap harinya? Mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap bukan masalah besar. Namun tahukah kamu, melewatkan suncreen bisa menimbulkan masalah kesehatan pada kulit. Mengapa demikian? 

Seperti yang diketahui, tidak menggunakan sunscreen dapat menyebabkan permasalahan kulit dalam jangka panjang. Lalu apa saja dampak jangka panjang yang akan dialami? Berikut Ladiestory.id akan merangkumnya untuk kamu.

Penuaan Dini 

Ilustrasi akibat tidak memakai sunscreen. (Special)

Jika kamu tidak menggunakan sunscreen, radiasi sinar UV dapat merusak kolagen dan jaringan ikat di kulit. Akibatnya elastisitas pada kulit akan menghilang, menimbulkan kerutan, kulit kendur, serta penuaan muncul bahkan di usia muda. 

Dikutip dari Vedix.com, sebuah studi yang dilakukan oleh National Health and Medical Research Council of Australia mengungkapkan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur dapat mengontrol penuaan kulit pada pria maupun wanita paruh baya yang sehat.

Terbakar Matahari 

Ilustrasi terbakar sinar matahari. (Special)

Akibat lainnya yang akan dialami jika tidak memakai sunscreen adalah kulit terbakar sinar matahari. Atau istilah populernya biasa disebut juga dengan sunburn. Kulit yang mengalami sengatan matahari ringan maupun parah akan memunculkan bercak merah, nyeri pada kulit, melepuh, dan panas. Biasanya kulit yang terbakar akibat paparan matahari ini akan terkelupas setelah beberapa hari.

Dilansir Vedix.com, dalam sebuah studi prospektif tentang sengatan matahari selama masa remaja, para ilmuwan menyimpulkan bahwa menggunakan sunscreen secara teratur setidaknya selama 6 jam di musim panas akan menurunkan kasus kulit terbakar oleh sinar matahari. 

Menggelapkan Kulit 

Ilustrasi penggelapan kulit. (Special)

Tidak menggunakan sunscreen juga bisa menyebabkan penggelapan kulit. Secara alamiah, kulit akan memproduksi melanin dalam jumlah besar sebagai bagian dari pertahanan alaminya terhadap radiasi matahari. Hal ini bisa menimbulkan bercak gelap pada kulit dan warna kulit yang tidak merata. 

Kulit Kering

Ilustrasi kulit kering. (Special)

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit akan menyebabkan hilangnya kelembapan minyak alami di dalamnya.  Hal ini mengakibatkan dehidrasi yang kemudian menimbulkan bercak kering dan kasar di area kulit yang terpapar.

Dikutip dari Vedix.com, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada orang tua di Jepang, terungkap bahwa setelah penggunaan sunscreen secara teratur selama 18 bulan, maka kadar air stratum korneum di kulit meningkat secara signifikan. 

Kerusakan pada Pembuluh Darah

Ilustrasi mengalami bercak pada kulit. (Special)

Melewatkan penggunaan sunscreen juga dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah rusak. Sinar UV dari matahari dapat merusak ujung pembuluh darah kecil di bawah jaringan kulit.

Ketika ada aliran darah di kulit dan cairan bocor keluar dari pembuluh darah yang rusak, maka akan mengakibatkan bercak serta  benjolan merah. Dilansir dari Vedix.com, sebuah studi tentang penggunaan sunscreen dapat menghasilkan kesehatan pembuluh darah yang lebih baik, menunjukkan bahwa mampu membantu mencegah pelebaran pembuluh darah dengan melindunginya dari radiasi UV yang berbahaya. 

Nah, itu tadi beberapa akibat jika tidak menggunakan sunscreen yang perlu Ladies ketahui. Mulai sekarang jangan lupa menggunakan sunscreen ya, Ladies!. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel