Air Beras Mampu Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

Selasa, 18 Juni 2024 | 16:10:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Air Beras Mampu Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (Healthshots)

Ladiestory.id - Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air beras. Air beras merupakan pati putih yang tertinggal di wadah saat merebus nasi. Tak hanya mengandung pati, air beras juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kaya akan vitamin E, magnesium, serat serta seng dan mangan.

Mengonsumsi air beras dapat membantu seseorang untuk lebih cepat mengurangi berat badan karena meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi konsumsi kalori dalam satu hari. 

Melansir Healthshots, berikut ini keunggulan air beras untuk menurunkan berat badan.

Rendah Kalori

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (Healthshots)

 

Air beras bisa menjadi pilihan untuk dijadikan salah satu minuman sehat untuk menurunkan berat badan. Minuman ini adalah alternatif rendah kalori dari minuman manis atau minuman bebas gula. 

Jumlah kalorinya tergantung dari jenis nasi yang digunakan, direbus atau tidak, dan juga berapa lama nasi tersebut direbus. Rata-rata, 100 ml air beras mengandung sekitar 40-5- kalori, asal tidak ditambahkan gula.

Perlancar Sistem Pencernaan

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (iStockphoto)

 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Microbiology, mengungkapkan bahwa pati yang ada di dalam air beras dapat membantu meringankan masalah pencernaan. Selain itu, pati dari air beras juga dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan meningkatkan metabolisme lemak.

Tingkatkan Kesehatan Usus

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (iStockphoto)

 

Probiotik yang ada dalam air beras yang difermentasi dapat memberikan efek menguntungan dan terapeutik pada saluran pencernaan. Air beras memiliki enzim yang dapat bermanfaat bagi flora usus serta bakteri, karena usus yang sehat sangat berpengaruh bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Buat Kenyang Lebih Lama

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (honestdocs.id)

 

Minum air beras di sela-sela waktu makan dapat membantu seseorang merasakan kenyang yang lebih lama. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengonsumsi camilan tidak sehat secara berlebihan.

Selain itu, air beras juga memiliki jumlah karbohidrat yang sehat dan memberikan seseorang dorongan energi yang dibutuhkan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya.

Tetap Terhidrasi

Air Beras Dapat Bantu Proses Penurunan Berat Badan. (Freepik)

 

Air beras juga memanfaat untuk menjaga hidrasi tubuh, pasalnya air beras memiliki elektrolit penting seperti potasium dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menjadikan minuman ini sebagai zat penghidrasi alami. Seperti diketahui, hidrasi juga dapat membantu menekan nafsu makan, serta meningkatkan metabolisme tubuh.