1. Health
  2. Agar Haid Lancar, Yuk Mulai Dengan 5 Langkah Mudah
Health

Agar Haid Lancar, Yuk Mulai Dengan 5 Langkah Mudah

Agar Haid Lancar, Yuk Mulai Dengan 5 Langkah Mudah

Ilustrasi nyeri haid. (Special)

Ladiestory.id - Haid atau menstruasi adalah bagian alami dari siklus reproduksi wanita. Ini adalah proses fisiologis yang terjadi setiap bulan dan melibatkan pengelupasan lapisan rahim yang tidak dibutuhkan. siklus normal menstruasi wanita terjadi antara 21–35 hari. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan jadwal menstruasi menjadi tidak teratur, baik itu menjadi lebih cepat atau lebih lambat dari seharusnya.

Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur, langkah-langkah berikut ini dapat membantu:

Istirahat dan Tidur dengan Cukup

Ilustrasi Tidur Nyenyak. (iStock)

 

Cara melancarkan haid yang pertama adalah memastikan bahwa tubuh mendapatkan waktu istirahat dan tidur dengan cukup. Tidur adalah cara tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas fisik. Selama tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan memproduksi hormon yang dibutuhkan.  Maka dari itu, pastikan tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup selama 7–9 jam per hari untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks serta menjaga keseimbangan hormon yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

Mengelola Stres dengan Baik

Ilustrasi Stres Bekerja. (iStock)

 

Kondisi mental yang lelah dan rasa stres berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon kortisol dalam tubuh dan mempengaruhi kerja hipotalamus dalam mengatur siklus menstruasi. Akibatnya, dapat terjadi keterlambatan menstruasi atau bahkan menstruasi dapat terjadi lebih dari sekali dalam sebulan.

Rutin Berolahraga

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (CANVA)

 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh dengan rutin berolahraga, termasuk melancarkan siklus haid. Dengan adanya aktivitas fisik secara reguler, sirkulasi darah juga akan menjadi lebih lancar. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi solusi yang ampuh untuk meredakan stres yang merupakan salah satu penyebab haid tidak lancar.. Mulailah dengan melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda, jogging, jalan santai, yoga, dan lain-lain. Seiring waktu, tingkatkan intensitas olahraga untuk memperoleh manfaatnya secara lebih optimal.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat. (Flo Living)

 

Cara melancarkan haid juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, yaitu memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi kondisi kesehatan dalam tubuh, termasuk  siklus menstruasi. 

Beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi siklus haid, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan dengan pemanis atau pengawet. Oleh karena itu, terapkanlah kebiasaan makan sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Kedua jenis makanan tersebut diketahui mengandung nutrisi yang direkomendasikan untuk melancarkan haid, seperti vitamin C.

Menjaga Berat Badan Ideal

Menurunkan Berat Badan. (Freepik)

 

Tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Pasalnya, hormon reproduksi akan terganggu dengan berat badan yang berlebihan atau justru kurang. Oleh karena itu, cara melancarkan haid yang aman dilakukan adalah dengan menjaga berat badan ideal.

Namun, hindari melakukan program diet ekstrem, khususnya saat hendak menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang terjadi secara drastis justru berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti kelelahan dan kehilangan massa otot.

Wanita yang sering mengalami haid terlambat atau siklus menstruasi yang tidak teratur perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Pasalnya, jika kondisi tersebut berlangsung berturut-turut maka bisa menjadi gejala kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan sistem reproduksi, salah satunya kesuburan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel