1. Lifestyle
  2. 7 Makanan yang Identik dengan Perayaan Natal
Lifestyle

7 Makanan yang Identik dengan Perayaan Natal

7 Makanan yang Identik dengan Perayaan Natal

Ilustrasi aneka makanan Natal. (Special)

Ladiestory.id - Natal hampir tiba, berbagai persiapan dilakukan untuk memeriahkan perayaan Natal. Berkumpul bersama keluarga, berdoa dan bertukar hadiah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan saat Natal. Berbicara tentang perayaan Natal akan kurang lengkap rasanya tanpa makanan yang disajikan saat Natal.

Makanan yang identik disajikan saat Natal

Menyantap hidangan Natal bersama dengan keluarga akan menciptakan suasana hangat dan membahagiakan. Masyarakat Indonesia memiliki beragam menu hidangan khas Natal. Jika Kamu sedang bingung untuk menyiapkan hidangan  perayaan Natal.

Berikut Ladiestory.id rekomendasikan  7 inspirasi menu hidangan lezat untuk perayaan Natal.

1. Ayam Kodok

ayam kodok
Ilustrasi Ayam Kodok Natal. (Special)

 

Ayam kodok adalah ayam yang berukuran cukup besar yang diambil kulitnya secara utuh. Lalu kulit ayam tersebut diisi dengan daging cincang yang sudah tercampur dengan aneka bumbu. Isian tersebut dimasukkan ke dalam kulit ayam hingga mengembung dan berbentuk seperti ayam. Ayam kodok ini lalu dipanggang sampai matang dan disajikan dengan saus yang gurih. Hidangan ayam kodok ini selalu menjadi menu utama saat perayaan Natal di Indonesia.

2. Sup Brenebon

sup
Ilustrasi Sup Brenebon Natal. (Special)

 

Sup Brenebon adalah makanan khas Manado yang merupakan salah satu hidangan wajib saat Natal. Sup brenebon berisi daging sapi atau daging babi bercampur dengan kacang merah dan sayuran yang disajikan dengan kuah kaldu kental yang hangat. Salah satu hal yang membedakan sup brenebon dengan sup lainnya adalah penggunaan cengkeh serta pala pada saat memasaknya.

3. Babi Panggang

babi panggang
Ilustrasi Babi Panggang Natal. (Special)

 

Babi panggang atau babi guling kerap dijadikan salah satu hidangan khas Natal khususnya di daerah Bali dan Manado. Proses pembuatan babi panggang memakan waktu cukup lama, setelah babi dibersihkan, bagian dalam diisikan dengan aneka bumbu rempah-rempah, lalu babi digulingkan atau dipanggang di atas arang secara merata sampai matang. Proses pembuatan yang lama ini sebanding dengan kenikmatan daging babi panggang yang bisa Kamu nikmati bersama dengan keluarga di malam Natal.

4. Ikan Kuah Kuning

ikan
Ilustrasi Ikan Kuah Kuning Natal. (Special)

 

Bagi masyarakat Ambon, perayaan Natal kurang lengkap tanpa menyantap ikan kuah kuning yang segar dan gurih. Sesuai dengan namanya ikan kuning terbuat dari ikan muba atau ikan tuna yang dimasak menggunakan kunyit dan bumbu rempah-rempah lainnya. Masyarakat Indonesia bagian timur biasanya menyantap ikan kuah kuning dengan papeda. Cita rasa yang segar, pedas, gurih akan membuat makan malam Natalmu menjadi lebih spesial.

5. Ayam Rica-Rica

ayam
Ilustrasi Ayam Rica-Rica Natal. (Special)

 

Identik dengan musim dingin, perayaan Natalmu akan semakin hangat dengan hidangan ayam rica-rica. Hidangan ini dikenal dengan cita rasanya yang pekat dan pedas karena menggunakan jahe dan cabai. Perpaduan daging ayam yang lembut serta dengan rempah-rempah khas Indonesia, membuat rasa yang begitu nikmat di lidah. Hidangan ini sangat cocok sekali untuk perayaan Natal di musim dingin.

6. Kalkun Panggang

kalkun
Ilustrasi Kalkun Panggang Natal. (Special)

 

Kalkun panggang merupakan salah satu makanan populer yang disajikan pada perayaan Natal. Kalkun panggang sangat cocok disajikan saat makan malam bersama keluarga pada malam Natal. Di racik dengan berbagai macam bumbu rempah menjadikan daging kalkun panggang terasa gurih, lezat dan nikmat. Sebagai pelengkap Kamu bisa menambahkan kentang panggang, wortel dan aneka sayuran lainnya. Kalkun panggang akan sangat nikmat ketika disantap selagi hangat.

7. Ikan Bumbu Arsik

ikan
Ilustrasi Ikan Bumbu Arsik Natal. (Special)

 

Ikan bumbu arsik termasuk hidangan legendaris  yang menjadi andalan untuk disajikan saat perayaan hari-hari besar salah satunya perayaan Natal. Bagi masyarakat di Medan, Natal akan terasa kurang sempurna jika belum menyantap ikan bumbu arsik. Cara membuatnya ikan direbus dengan aneka bumbu dan rempah-rempah pilihan. Salah satu rempah khas Medan adalah andaliman yang membuat hidangan ini semakin nikmat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel